Pencarian populer

Kronologi Ratna Sarumpaet yang Akhirnya Dibiayai Disparbud DKI ke Cile

Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) tiba di Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/10). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap pihak berwenang sebelum berangkat ke Cile. Ratna mengakui, dirinya berangkat ke Cile dibiayai oleh Pemprov DKI untuk menghadiri The 11th Women Playwrights International Conference (WPIC) pada 7-12 Oktober 2018.
ADVERTISEMENT
Pernyataan Ratna direspons pihak Pemprov DKI Jakarta. Mereka menyatakan, Ratna meminta Pemprov DKI mensponsori dirinya untuk berangkat ke Cile.
Dirangkum kumparan dari keterangan Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI Jakarta Asiantoro dan beberapa sumber lainnya, berikut kronologi permintaan Ratna kepada Pemprov DKI untuk disponsori keberangkatannya menuju Santiago, Cile:
Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta (Foto: Dok. Istimewa)
17 Oktober 2017
Ratna Sarumpaet menerima surat dari WPIC yang ditandatangani ketua pelaksana WPIC 2018 Sally Campusano dan Wakil Ketua WPIC Muriel Miranda. Dalam surat itu, Ratna diminta menjadi pembicara.
"Kami percaya kehadiran Anda sebagai penulis naskah perempuan dapat memperkaya dialog dan memperluas perspektif kita. Kami harap kehadiran Anda sebagai pembicara dan membagikan pengalaman serta ilmu," sebut Campusano dalam suratnya.
ADVERTISEMENT
Pihak WPIC di suratnya menyatakan, keberangkatan dan akomodasi Ratna ke Cile tidak dibiayai oleh organisasinya.
Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno Hatta (Foto: Dok. Istimewa)
31 Januari 2018
Pemprov DKI mendapat surat permohonan Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Cile.
Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi itu adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut.
“Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPIC,” ujar Asiantoro, dalam keterangan resminya kepada kumparan Kamis malam (4/10).
Ratna Sarumpaet tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (4/10). (Foto: Fadjar Hadi/kumparan)
19 Febuari 2018
Surat permohonan tersebut kemudian diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kemudian surat tersebut didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
ADVERTISEMENT
“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” tambah Asiantoro.
Asiantoro mengatakan, dia kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya. Setelah itu ditindak lanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) dikarenakan biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.
“Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dijadwalkan bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” ucap Asiantoro.
10 April 2018
Nama Ratna sudah tercantum di Instagram Women Playwrights International (WPI) yakni di instagram.com/wpichile2018. Pada postingan tanggal 10 April 2018, nama Ratna termasuk dalam salah satu pembicara di konferensi tersebut.
SSurat permohonan sponsorship Ratna Sarupaet ke Pemprov DKI (Foto: Dok. Istimewa)
Undangan pembicara Ratna Sarumpaet (Foto: Dok. Istimewa)
Undangan pembicara Ratna Sarumpaet (Foto: Dok. Istimewa)
Disposisi Anies Baswedan setujui permohonan Ratna Sarumpaet (Foto: Dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81