Pencarian populer

Laporan Politik Uang Caleg Gerindra Wahyu Dewanto Dicabut

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya. Foto: Fadjar Hadi/kumparan
Politikus Gerindra Yupen Hadi mencabut laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh calon anggota DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto. Pencabutan laporan tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.
ADVERTISEMENT
Argo mengatakan Yupen mencabut laporannya pada 16 Juli 2019. Ia telah mengirimkan surat bernomor 026/S/LAHIR-JKT/XI/2019 terkait pencabutan laporan polisi. Surat itu ditujukan kepada Kapolda Metro Jaya Up. Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya.
“Alasan karena pekaranya sudah diselesaikan secara musyawarah dalam internal Partai Gerinda yang mana terhadap Ir. H. Wahyu Dewanto, SH, MH sudah mengundurkan diri sebagai caleg Partai Gerinda DKI Dapil 8 Jakarta Selatan yang ditujukan kepada KPUD DKI Jakarta, sebagaimana Surat Pernyataan tertanggal 15 Juli 2019 yang dibuat dan ditandatangani oleh Ir. H. Wahyu Dewanto, SH, MH,” jelas Argo saat dikonfirmasi, Kamis (18/7).
Polisi terbitkan surat DPO untuk Caleg DPRD DKI dari Gerindra, Wahyu Dewanto, terkait dugaan politik uang. Foto: Dok. Istimewa
Argo mengatakan penyidik juga telah memeriksa Yupen terkait pencabutan laporan tersebut. Hal itu tertuang dalam BAP pencabutan laporan.
ADVERTISEMENT
“Dan telah dilakukan gelar perkara penghentian penyidikan,” tutup Argo.
Yupen melaporkan Wahyu Dewanto terkait politik uang pada 1 Juli 2019. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/3945/VII/2019/ Ditreskrimum.
Atas kasus tersebut nama Wahyu sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Argo mengatakan Wahyu masuk dalam DPO karena tidak memenuhi panggilan penyidik terkait kasusnya itu.
“Jadi dalam penyidikan ada batas waktu yang dibutuhkan. Karena tidak hadir, sehingga kita melakukan sidang in absentia. Jadi itu ada edaran dari Kejagung, makanya kita buat pengumuman di sana, ya," kata Argo beberapa waktu lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81