kumparan
1 Sep 2018 0:29 WIB

Ledakan di Donetsk Tewaskan Pemimpin Pemberontak Ukraina

Pemimpin Pemberontak Ukraina Tewas Terbunuh, Alexander Zakharchenko (Foto: Philippe DESMAZES / AFP)
Pemimpin kelompok separatis Ukraina di wilayah Donetsk, Alexander Zakharchenko tewas terbunuh dalam ledakan yang terjadi di sebuah kafe.
ADVERTISEMENT
Ledakan tersebut berlangsung pada Jumat (31/8) di kota Donetsk. Keterangan mengenai insiden yang menewaskan Zakharchenko disampaikan Pemerintahan Republik Rakyat Donetsk.
"Alexander Zakharchenko tewas akibat serangan terorisme," ucap keterangan kantor berita Donetsk, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/9).
Pemimpin Pemberontak Ukraina Tewas Terbunuh, Alexander Zakharchenko (Foto: ALEXANDER KHUDOTEPLY / AFP)
Zakharchenko memimpin kelompok pemberontak yang memploklamirkan diri sebagai pemerintahan sepihak Republik Rakyat Donetsk sejak 2014 lalu. Gerakan tersebut didukung penuh oleh Rusia.
Tujuan pemberontakan Zakharchenko dan kelompoknya adalah memisahkan Ukraina bagian timur dari pemerintahan pusat di Kiev.
Terkait tewasnya Zakharchenko, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova meyakini pelakunya adalah Pemerintah Ukraina.
"Kiev telah memutuskan untuk terlibat dalam pertarungan berdarah dan mengabaikan janjinya untuk berdamai," sebut Zakharova.
Hingga kini, pihak Ukraina masih bungkam terkait tewasnya pria 42 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjadi pemimpin kelompok pemberontak, Zakharchenko adalah teknisi tambang. Beberapa kelompok pemberontak Ukraina lainnya percaya naiknya Zakharchenko ke posisi pemimpin didukung penuh oleh Rusia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan