Pencarian populer

Lewat Pidato Game of Thrones, Jokowi Dorong Revolusi Industri 4.0

Sekjen PPP Arsul Sani. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Arsul Sani menjelaskan maksud dari pernyataan Presiden Jokowi yang menganalogikan masalah-masalah ekonomi global dengan istilah Winter is Comming di dalam film serial Game of Thrones.

Menurut Arsul, maksud Jokowi dengan menyampaikan analogi itu adalah pengingat bahwa ekonomi dunia saat ini sudah tidak berbasis transaksi secara fisik, melainkan menggunakan teknologi canggih. Akibatnya, pergerakan perekonomian dunia demikian cepat.

Untuk itulah, maka seluruh masyarakat internasional harus beradaptasi dengan perubahan global yang cepat.

“Itu memang fakta yang kita hadapi, makanya sikap-sikap kita di dalam merespons itu juga tidak bisa dengan sifat-sifat tradisional. Misalnya, dulu perpindahan uang, perpindahan modal itu harus datang ke bank secara fisik, menyerahkan cek atau bilyet giro. Sekarang enggak seperti itu,” kata Arsul di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/10).

Sambutan Presiden Joko Widodo di Annual Meeting IMF-WBG 2018, Bali. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

Maka dari itu, lanjut Arsul, Presiden Jokowi berkomitmen untuk menerapkan sistem dan transaksi ekonomi Indonesia yang berbasis teknologi 4.0. Sehingga, Indonesia bisa beradaptasi dengan kondisi perekonomian dunia saat ini.

Concern Pak Jokowi itu sebetulnya ujungnya hendak mengatakan karena itu industri-industri apapun baik jasa dan barang berdasarkan teknologi 4.0 itu harus diwujudkan di negara kita, kalau kita nggak mau kemudian ketinggalan atau terkena efek buruk dari perilaku ekonomi dunia yang seperti itu,” tutupnya.

Sebelumnya, Jokowi menyinggung bagaimana dunia berhasil mengatasi krisis ekonomi global yang terjadi pada 2008 lalu. Meski demikian, Jokowi mengimbau seluruh pemimpin dunia untuk tetap waspada karena ekonomi dunia saat ini juga tengah bergejolak.

Salah satu contohnya adalah kondisi ekonomi AS yang menikmati pertumbuhan pesat, tapi di banyak negara pertumbuhan melemah dan tidak stabil. Masalah lain adalah perang dagang AS dan China. Sembari menggambarkan permasalahan yang membayangi perekonomian dunia, Jokowi mengutip kata-kata dari serial Game of Thrones, 'the winter is coming'.

"Juga perang dagang dan inovasi teknologi yang semakin marak dan banyak industri terguncang. Negara yang sedang tumbuh juga mengalami tekanan pasar yang besar. Dengan masalah perekonomian dunia, sudah cukup kita mengatakan winter is coming," kata dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23