• 1

Lewat Twitter, Trump Ungkap Rasa Optimismenya soal Denuklirisasi Korut

Lewat Twitter, Trump Ungkap Rasa Optimismenya soal Denuklirisasi Korut


Donald Trump

Donald Trump. (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengisyaratkan rasa optimismenya soal denuklirisasi Korea Utara, Kamis (13/7). Optimisme tersebut Trump ungkapkan lewat unggahan Twitternya.
Pada Rabu (12/7), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mendarat di Korea Utara untuk melakukan pembicaraan lanjutan terkait denuklirisasi. Menurut Trump, lawatan Pompeo ke Korut membuahkan hasil baik.
"Catatan yang sangat bagus dari pimpinan Kim dari Korea Utara," dimikian cuit Trump di Twitter seperti dikutip AFP, Kamis (13/7).
Pompeo berada di Korea Utara selama dua hari. Dalam lawatannya itu, Pompeo menagih janji Korea Utara terkait program denuklirisasi.
Kunjungan Pompeo adalah pertemuan lanjutan setelah sebelumnya pada 12 Juni lalu. Sebelumnya, Trump dan Kim Jong-un bertemu di Singapura dan ada empat kesepakatan penting yang tercapai dalam pertemuan itu.
Pertama, AS dan Korut berkomitmen membangun hubungan baru. Kedua, baik AS maupun Korut sepakat menciptakan suasana damai di Semenanjung Korea.

Kim dan Trump saling berjabat tangan

Kim dan Trump saling berjabat tangan (Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters)
Ketiga, berdasarkan Deklarasi Panmunjom pada 27 April 2018 lalu, Korut berkomitmen untuk melucuti nuklirnya secara menyeluruh, dan yang terakhir, AS dan Korut berkomitmen untuk membebaskan tahanan perang termasuk pemulangan orang-orang yang telah diidentifikasi.

NewsInternasionalTrump-Kim Jong UnKopdar Kim-Trump

presentation
500

Baca Lainnya