Pencarian populer

Lima Batang Bambu Dipakai untuk 29 Tiang Bendera Asian Games di Pluit

Bendera peserta Asian Games dipasang seadanya dengan bambu di Pluit (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Sebanyak 29 bendera peserta Asian Games 2018 di Jalan Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, terpasang menggunakan bambu. Penggunaan bambu tersebut dinilai kurang baik oleh netizen, karena bambu tersebut tidak utuh bahkan sampai terbelah.
ADVERTISEMENT
Inisiator pemasangan bendera dengan bambu tersebut, M Thamran, mengatakan, pihaknya hanya membeli lima buah bambu. Bambu tersebut kemudian dibelah sehingga cukup untuk 29 bendera.
“Bambu itu saya beli lima batang tapi besar. Satu batangnya Rp 55 ribu,” kata Thamran saat dihubungi kumparan, Rabu (18/7). Thamran merupakan warga RW 17 Kelurahan Penjaringan yang juga donatur pemasangan bendera itu.
Menurutnya pemasangan bendera menghabiskan biaya Rp 1 juta. Seluruh biayanya berasal dari iuran warga RW 17 Kelurahan Penjaringan.
Dengan biaya tersebut, hanya bambu yang bisa dibeli. Lagi pula menurutnya bambu banyak digunakan di Jakarta Utara.
“Banyak yang menegur saya kenapa pakai bambu, jawaban saya bahwa hanya bambu yang cukup buat duit saya, jangan dikucilkan, bambu itu banyak berdiri di wilayah Jakarta Utara,” kata Thamran.
ADVERTISEMENT
Selain untuk membeli bambu, uang iuran warga juga digunakan membeli cat warna putih dan bendera 29 negara di Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Thamran memastikan niatnya memasang bendera Asian Games hanya untuk memeriahkan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut. Selain itu ia juga ingin memperkenalkan negara peserta Asian Games 2018.
Bendera itu dipasang setelah dipakai untuk pawai obor Asian Games di Penjaringan. Bendera dipasang di Jalan Raya Pluit Selatan, berseberangan dengan Mal Emporium.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81