kumparan
13 Jun 2017 20:12 WIB

Lolos ke IPB? Ini 6 Lokasi Asyik di Kampus Barumu

Gedung Rektorat IPB. (Foto: IPB.ac.id)
Institut Pertanian Bogor. Adakah di antara kalian yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ke kampus ini? Bila ada, selamat ya!
ADVERTISEMENT
Kalian akan segera memulai kuliah di kampus yang terletak di pinggir kota Bogor, Dramaga, dengan lanskap Gunung Salak sebagai latar kampus. Not too bad, yes?
Jangan salah, meski bernama Institut Pertanian Bogor, tak semuanya di kampus ini tentang “pertanian”. Sarah misalnya, dulu ia berkuliah Ilmu Komputer di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB.
Kepada kumparan, Selasa (13/6), Sarah yang kini telah lulus dan bekerja di game developer company, bebagi cerita tentang tempat-tempat khas di IPB yang biasa menjadi tempat nongkrong para mahasiwa.
Menurut perempuan bernama lengkap Sarah Rahmania Hanif itu, IPB punya sejumlah tempat yang asyik buat sekadar berkumpul atau mengerjakan tugas kuliah bersama kawan-kawan.
ADVERTISEMENT
1. Perpustakan LSI
Perpustakaan IPB. (Foto: IPB.ac.id)
Perpustaan kampus IPB ini punya nama lengkap Perpustakaan Lembaga Sumberdaya Informasi (LSI). Ini perpustakaan terbesar dan terlengkap di IPB
Perpustakaan ini amat cocok buat tempatmu mengerjakan tugas kuliah, atau sekadar “menyepi” di kampus jika sudah semakin “tua” dan hendak berkonsentrasi menggarap skripsi.
“Perpusnya bagus, enjoy banget buat belajar, ngerjain laporan, atau skripsian. Perpusnya juga bersebelahan dengan danau. Kalau pagi atau siang asyik banget pemandangannya. Segar juga karena dekat sama hutan,” kata Sarah.
Tapi demi keamanan, ujarnya, lebih baik tak lewat sana pada malam hari, terutama jika sudah lebih dari jam 10 malam.
Kalau pagi, siang, sore, sih tak masalah. Ini salah satu lokasi idaman. Spot terbaik untuk berkumpul bersama kawan di dalam kampus IPB.
ADVERTISEMENT
2. Babakan
Lapar setelah kuliah seharian dan ingin beristirahat sejenak sambil makan camilan? Jagan khawatir, meski IPB jauh dari pusat kota, di sini tak kurang tempat nongkrong dan makan yang oke.
Cobalah mampir ke Babakan. Babakan sesungguhnya akronim untuk tiga jalan yang biasanya jadi favorit mahasiswa untuk mengisi perut, singkatan dari: Bara, Bateng, dan Balio.
Khusus untuk Jalan Bara, di sana kamu bisa menemukan pasar kaget tiap hari Minggu yang menjajakan banyak barang dengan harga terjangkau.
3. CCR
Gedung CCR IPB. (Foto: IPB.ac.id)
Buat kamu mahasiswa semester awal atau Tahap Persiapan Bersama (TPB), kamu akan ditempatkan di salah satu gedung yang terbilang masih baru di IPB,Common Class Room (CCR).
ADVERTISEMENT
CCR punya desain modern seperti gedung Magister Bisnis IPB (MB-IPB) di Baranangsiang Bogor, dilengkapi wifi paling kencang se-IPB. Betul-betul surga para fakir wifi.
Lokasinya yang tak terlalu jauh dari asrama pun menjadikan tempat ini amat mudah dijangkau oleh para mahasiswa, khususnya mahasiswa perempuan, sebab CCR terletak berhadapan dengan gedung asrama perempuan.
4. Masjid Al-Hurriyyah
Masjid Al Hurriyah IPB. (Foto: Flickr)
Meski posisinya agak menyempil di tengah area kampus, Masjid Al-Hurriyah memiliki daya pikat bagi para mahasiswa muslim IPB. Selain digunakan untuk beribadah, kerap kali mahasiswa mendatanginya untuk berdiskusi atau bercengkerama di pelataran masjid.
Masjid ini disebut saslah satu masjid kampus terbesar di Pulau Jawa, dengan desain bangunan cukup unik karena didominasi corak segitiga.
ADVERTISEMENT
Corak segitiga tersebut bukan tanpa maksud, karena untuk memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami.
5. Taman Rektorat atau Gladiator
Taman Rektorat IPB. (Foto: IPB.ac.id)
Gladiator, selain menjadi tempat berkumpul untuk bermain atau mengerjakan tugas kuliah, kerap dijadikan lokasi mencari objek foto. Itu sebabnya Gladiator menjadi salah satu ikon IPB.
6. Perumahaan Dosen
Perumahan Dosen IPB. (Foto: himakova.lk.ipb.ac.id)
Ini tak kalah penting: tempat tinggal dosen-dosenmu. Di IPB Dramaga, terdapat perumahan dosen di ujung kawasan kampus IPB.
Menurut cerita, perumahan dosen ini sepi karena dianggap angker saat malam hari. Namun pada pagi atau siang hari, situasi tentu saja berbeda.
ADVERTISEMENT
Di sini, suasana sepi dan asri, diiringi nyanyian burung-burung dan semilir angin untuk menghilangkan penat usai beraktivitas.
Nah, bagaimana wahai mahasiswa baru? Sudah siap untuk menjelajah kampus barumu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan