kumparan
4 Des 2017 17:28 WIB

Mabes Polri Pastikan Harta Benda Pengungsi Gunung Agung Aman

Kombes Pol Martinus Sitompul (Foto: Aldis Tannos/kumparan)
Mabes Polri memastikan Polda Bali akan mengamankan kediaman serta barang-barang yang ditinggal pengungsi erupsi Gunung Agung. Personel tidak hanya dari Polda Bali saja, tapi juga BKO dari polres-polres di provinsi itu.
ADVERTISEMENT
"Sampai saat ini kita memberdayakan Polda Bali dan jajarannya untuk melakukan bantuan kemanusiaan, termasuk menjaga barang-barang dari mereka yang mengungsi, keluarga, rumah-rumahnya, ternaknya," papar Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/12).
Pengungsi Gunung Agung (Foto: Fikri Yusuf/Antara)
Mabes Polri siap mengirimkan bantuan petugas kepolisian ke Bali jika dibutuhkan. Koordinasi dengan Mapolda Bali masih terus dilakukan.
"Kapan kita bergerak tentu tergantung pada situasi yang ada," katanya.
Gunung Agung (Foto: SONNY TUMBELAKA / AFP)
Lulusan Akademi Polisi tahun 1989 itu menjelaskan, penjagaan tersebut dilakukan selama 24 jam nonstop setiap harinya.
"Mereka rutin bergantian (berjaga), dibentuk dua regu secara bergantian melakukan upaya-upaya monitoring," tutup Martinus
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi sudah ada 20 juta meter kubik lava yang berada di kawah Gunung Agung di Bali. Jumlah tersebut merupakan sepertiga dari kapasitas kawah Gunung Agung, yakni sebesar 30 juta meter kubik.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan