kumparan
17 Mar 2019 21:21 WIB

Ma'ruf Amin Bicara Infrastruktur Langit dan Unicorn saat Debat

Cawapres no urut 01, Ma'ruf Amin menyampaikan pendapatnya saat Debat Ketiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Minggu, (17/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengapresiasi pemerintahan Jokowi-JK karena telah berhasil membangun berbagai infrastruktur. Oleh karena itu, Ma'ruf ingin mendorong seluruh angkatan kerja untuk bisa menguasai teknologi digital demi pengembangan infrastruktur lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
Ma'ruf meyakini, hal itu bisa diwujudkan karena pemerintah saat ini telah berhasil membangun infrastruktur langit. Infrastruktur langit yang dimaksud Ma'ruf itu seperti proyek Palapa Ring.
"Kebetulan pemeirntah kita sekarang sudah bisa membangun infrastrukur, baik infrastruktur darat, laut, darat, dan langit. Infrastruktur langit itu adalah Palapa Ring," kata Ma'ruf di lokasi debat, Hotel Sultan, Senayan, Minggu (17/3).
Sebab, lanjut Ma'ruf, infrastruktur langit dapat mendorong tumbuhnya dunia usaha modern seperti industri startup atau unicorn.
"Karena infrastruktur digital maka sekarang tumbuh usaha-usaha seperti startup bahkan juga unicorn, bahkan juga akan ada decacorn. Maka tenaga (kerja) kita harus disiapkan untuk tantangan ke depan, untuk menyiapkan anak-anak kita menghadapi 10 years challenge," tutup Ma'ruf.
Dikutip dari laman kominfo.go.id, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan