Pencarian populer

Masjid 'Taj Mahal' Ramlie Musofa Kini Jadi Alternatif Wisata Religi

Masjid Ramlie Musofa. (Foto: Marissa Krestianti/kumparan)

Masjid Ramlie Musofa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata religi, di samping fungsinya sebagai tempat beribadah. Masjid yang menyerupai bangunan legendaris Taj Mahal ini juga didatangi pengunjung dari berbagai daerah untuk berfoto.

Arsitektur unik yang didominasi warna putih ini, membuat masjid tersebut terlihat sangat megah. Tak hanya bentuk bangunan yang unik, ukiran kaligrafi dengan tiga bahasa di dinding masjid juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pengurus masjid Ramlie Musofa, Soleh, menyebut banyak wisatawan datang ke masjid tersebut karena penasaran dengan bangunan yang mirip Taj Mahal itu.

"Mereka lihat dari Youtube atau TV mungkin ya, banyak banget yang datang seperti dari Banyuwangi, Palu, Tasik," ujar Soleh kepada kumparan, di Masjid Ramlie Musofa, Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara, Senin (19/5).

Video

Salah satu wisatawan tersebut adalah Endang, asal Yogyakarta. Endang mengaku menyempatkan diri untuk berkunjung ke Masjid Ramlie Musofa saat perjalanan dinas ke Jakarta untuk salat dan mengabadikan momen.

"Kebetulan diajak sama bos besar di Jakarta ke sini, katanya masjidnya unik bangunannya, dan tenyata memang benar bagus sekali," ujar Endang.

Menurut Endang bangunan seluas 2 ribu meter persegi ini terlihat unik karena terdapat ukiran tiga bahasa ayat suci Al-Quran di dalamnya. Ia juga mengaku penasaran dengan sejarah Masjid Ramlie Musofa.

"Sempat tanya-tanya juga dan googling sejarah dari masjid ini," ujar Endang.

Masjid Ramlie Musofa. (Foto: Marissa Krestianti/kumparan)

Berbeda dengan Endang, Zuri, mahasiswa asal Bogor, sengaja berkunjung ke Masjid Ramlie Musofa untuk ngabuburit dengan temannya.

"Sempet gooling di internet, ada masjid ini yang lucu bangunannya, lalu milih ke sini deh," ujar Zuri.

Selain menghabiskan waktu untuk ngabuburit, perempuan yang hobi fotografi ini juga sengaja membawa kamera SLR untuk mengabadikan momen. Menurutnya Masjid Ramlie Musofa merupakan spot menarik untuk foto-foto.

"Sempat lihat referensi foto di internet dan beberapa foto muncul dari Masjid Ramlie Musofa ini dari fotografer-fotografer, terus kaya bagus banget gitu, jadi memutuskan ke sini," ujar Zuri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57