Pencarian populer

Massa di Dekat DPR Bubar Usai Buruh yang Ditangkap Dibebaskan Polisi

Aksi demo Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Foto: Raga Imam/kumparan
Massa aksi dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) berangsur membubarkan diri mulai pukul 17.00 WIB. Mereka meninggalkan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, tepatnya di dekat gedung DPR yang menjadi lokasi demonstrasi pada Jumat (16/8).
ADVERTISEMENT
Para buruh peserta aksi membubarkan diri dengan tertib usai hampir 4 jam menyampaikan aspirasinya. Meski sebelumnya, massa meminta pihak kepolisian untuk membebaskan 21 buruh yang ditangkap di depan Gedung TVRI.
Setelah bernegosiasi, pihak kepolisian bersedia membebaskan hanya 12 massa buruh. Sedangkan sembilan orang lainnya menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Metro Jaya.
Aksi demo Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Foto: Raga Imam/kumparan
Dengan pembubaran massa ini, lalu lintas berangsur lancar. Namun petugas kepolisian tampak masih berjaga di lokasi dan sebagian mengatur arus lalu lintas.
Sebelumnya, massa aksi berencana untuk menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR RI. Namun, karena ada sidang tahunan, aksi tersebut ditahan oleh pihak kepolisian.
Massa pun akhirnya tertahan di Jalan Gatot Subroto, tak jauh dari Hotel Sultan Jakarta. Massa menyerukan menolak Revisi UU Ketenagakerjaan No 13 tahun 2003.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86