Pencarian populer

Melihat Durasi Bicara Jokowi, Ma'ruf, Prabowo, dan Sandi Selama Debat

Joko Widodo dan Sandiaga Uno berjabat tangan usai debat pertama Pilpres 2019. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

Debat perdana Pilpres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) telah usai. Kedua paslon, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, masing-masing telah menunjukkan penampilan terbaiknya.

Namun, sepanjang debat yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut, banyak yang menyoroti porsi tampil dari masing-masing individu. Pasangan nomor urut satu misalnya, dinilai kurang memberikan porsi tampil bagi cawapresnya.

Sebenarnya, bagaimana pembagian waktu tampil masing-masing peserta debat?

Jokowi memang tercatat memiliki durasi bicara yang paling lama sepanjang debat. Ia terhitung berbicara selama 21 menit dan 51 detik selama enam segmen berlangsung.

Meski demikian, jumlah tersebut sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dari lawannya, Prabowo. Pentolan Partai Gerindra itu tercatat berbicara selama 21 menit 45 detik, atau hanya lebih sedikit enam detik dari Jokowi.

Sedangkan cawapres nomor urut 02, Sandi, mendapat porsi berbicara yang sebenarnya jauh lebih sedikit dari Prabowo. Sepanjang debat, Sandi hanya berbicara selama tujuh menit dan 25 detik.

Namun, durasi bicara Sandi yang hanya tujuh menit itu sebenarnya jauh lebih banyak dibanding lawannya, Ma'ruf. Pasalnya, Ketua MUI itu mendapat porsi bicara paling sedikit selama debat, yaitu empat menit dan satu detik saja.

Sebelumnya, debat dimulai pukul 20.00 WIB. Debat dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama diisi oleh pemaparan visi dan misi oleh para paslon. Di segmen pertama, masing-masing paslon punya waktu tiga menit untuk berbicara.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dipijat pasangan cawapresnya Sandiaga Uno saat jeda Debat Pertama Capres & Cawapres 2019. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Kemudian segmen kedua dan ketiga adalah waktu para paslon untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan oleh para panelis. Jawaban itu kemudian ditanggapi oleh paslon lain.

Paslon diberi waktu dua menit untuk menjawab setiap pertanyaan. Jawaban tersebut akan ditanggapi oleh paslon lain, dan tanggapan itu kemudian ditanggapi lagi oleh paslon penanya. Di sesi saling menanggapi itu, setiap paslon mendapat waktu satu menit.

Adapun segmen keempat dan kelima diisi oleh sesi saling bertanya antar paslon. Setiap paslon memberikan satu pertanyaan untuk paslon lainnya, jika pada segmen sebelumnya pertanyaan disusun oleh para panelis, sesi ini pertanyaan murni dibuat oleh para paslon. Jawaban pertanyaan langsung ditanggapi oleh paslon penanya yang kemudian direspons kembali oleh paslon lainnya.

Paslon penanya di sesi ini diberikan durasi bicara selama dua menit, dan paslon yang menjawab diberi waktu dua menit. Jawaban pertanyaan langsung ditanggapi kembali oleh paslon penanya dengan durasi bicara satu menit

Segmen terakhir dari debat perdana itu diisi oleh kalimat penutup dari masing-masing paslon. Paslon diberikan waktu dua menit untuk menutup debat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: