Pencarian populer

Mencari Keberadaan Rumah Kivlan Zen di Gunung Picung, Bogor

Desa Gunung Picung. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan

Sebuah rumah di kawasan Gunung Picung, Bogor, menjadi salah satu lokasi yang diperbincangkan antara Kivlan Zen dengan Iwan, tersangka dugaan rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional dan direktur lembaga survei.

Menurut pengacara Kivlan, Muhammad Yuntri, lokasi tersebut sempat disinggung saat Iwan menawarkan senjata kepada Kivlan yang diklaim untuk digunakan memburu babi.

"Jadi Iwan itu diperintah jadi sopirnya, karena rumah Pak Kivlan di Gunung Picung di Bogor, maka itu kan masih ada hutan-hutannya, banyak babi. Iwan bilang ini ada senjata, Pak. Pak Kivlan bilang itu bukan untuk bunuh babi, tapi bunuh tikus," kata Yuntri, Selasa (11/6).

Mayor Jenderal TNI Purn Kivlan Zen (tengah) berjalan meninggalkan Bareskrim Polri usai menjalani pemeriksaan di Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

kumparan mencoba mencari tahu keberadaan kediaman Kivlan tersebut. Lokasi tersebut ternyata tak jauh dari Taman Nasional Halimun, Bogor. Tepatnya, ada di bawah kaki gunung, akses ke taman nasional tersebut.

Di sekitar lokasi itu memang masih terdapat hutan dan perkebunan warga. Pencarian di mulai di dekat kawasan Kampung Gunung Picung, Desa Gunung Picung. Namun, beberapa warga yang kumparan tanya tak tahu mengenai kediaman Kivlan.

Begitu juga pengacara Kivlan, Yuntri, yang juga tak tahu persis kediaman tersebut. "Saya pun tidak begitu paham lokasinya. Kami lebih cenderung advokasi dari segi legal aspect kasusnya," kata Yuntri.

Kantor Desa Gunung Picung. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan

kumparan memulai pencarian dengan menyambangi Kantor Desa Gunung Picung. Petugas kantor desa pun tak tahu Kivlan memiliki kediaman di lokasi tersebut.

"Kalau Pak Kivlan kita enggak tahu, kalo Pak Ryamizard (menteri pertahanan) ada. Dia di RW 10, 11, 12, itu ada tanahnya, vilanya juga ada," kata seorang petugas desa.

"Kalau ada, seenggaknya kita dengar, nih ini vila Pak Kivlan, gitu. Sama kayak Pak Ryamizard, itu warga tahu," sambungnya.

Suasana di Desa Gunung Picung. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan

Desa Gunung Picung terbagi menjadi 12 RW, sehingga sulit untuk dilakukan pencarian. Terlebih, informasi yang didapatkan masih sangat minim.

Pencarian ini dilatarbelakangi untuk mencari tahu kesaksian warga terkait Iwan, yang disebut telah menjadi sopir Kivlan.

Sementara dalam rilis yang dikeluarkan kepolisian, alamat rumah dari Kivlan adalah di GD Griya Lestari, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Timur.

Suasana di Desa Gunung Picung. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan

Pencarian yang dilakukan pada Rabu (12/6) siang hari hingga sore hari tak membuahkan hasil. kumparan tak menemukan kediaman dari Kivlan. Warga pun, lebih familiar dengan nama Ryamizard dibanding Kivlan, hingga di sana dikenal ada sebuah vila jenderal.

Kivlan dan Iwan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi. Kivlan diduga menjadi otak pembunuhan empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei. Sementara, Iwan diduga merupakan pemimpin eksekutor. Saat ini keduanya telah ditangkap dan ditahan kepolisian.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32