Pencarian populer

Mendagri soal Kotak Kosong Menang di Makassar: Tunggu Hasil Resmi KPU

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Sumut. (Foto: Ade Nurhaliza/kumparan)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ikut berkomentar soal kemenangan kotak kosong di Pilwalkot Makassar versi quick count. Tjahjo mengatakan ia masih menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU Kota Makassar untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Kami menunggu perhitungan resmi dari KPU dulu. Kita (hasil perhitungan yang ada) masih quick count. Kami nunggu dulu dari KPU," kata Tjahjo di Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/6).

Tjahjo enggan berandai-andai soal hasil perhitungan suara Pilwalkot Makassar yang dalam versi quick count memenangkan kotak kosong. Ia menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah soal kekosongan jabatan karena kemenangan kotak kosong ini ketika sudah ada hasil resmi dari KPU.

"Tunggu dari KPU dulu. Hasil fixnya kan belum tahu kita. Enggak bisa misalnya (langsung ambil keputusan). Tunggu dulu hasilnya," tegas dia.

Kotak kosong menang di Makassar versi quick count (Foto: ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Sebagaimana diketahui, paslon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi, kalah dari kotak kosong. Lembaga survei Celebes Research Center lewat hasil hitung cepat mengungkapkan kotak kosong unggul dengan raihan 53,31 persen. Munafri dikenal sebagai menantu Aksa Mahmud atau keponakan Wapres Jusuf Kalla.

Jika kolom kosong menang, maka pilwalkot akan kembali diselenggarakan pada tahun 2020. Sementara kekosongan jabatan wali kota Makassar akan diisi oleh Penjabat (Pj) yang ditunjuk Kemendagri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20