kumparan
20 Sep 2018 10:56 WIB

Benda Kuno di Sungai Musi Dihargai hingga Miliaran Rupiah

Harta Karun Sungai Musi (Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan)
Sisa-sisa kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 hingga abad 10 masih terlihat. Terbukti dengan banyak ditemukannya benda-benda kuno era Kerajaan Sriwijaya di kawasan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.
ADVERTISEMENT
Hingga tahun 2018, masih banyak warga yang memburu harta karun di kawasan Sungai Musi. Sebab temuan harta karun itu bernilai tinggi jika terbukti kevalidannya.
Berdasarkan keterangan kolektor benda antik, Hirmeyudi, temuan-temuan tersebut berupa arca emas, koin emas, perhiasan, prasasti, dan sebagainya. Benda-benda bersejarah yang seharusnya menjadi milik negara itu jika dijual nilainya berkisar dari ratusan ribu hingga miliaran rupiah.
Video
Pria yang akrab disapa Yudi itu menyebut tak semua benda bersejarah yang ditemukan di Sungai Musi berasal dari Kerajaan Sriwijaya. Sebab banyak kesultanan setelah periode Sriwijaya yang juga menguasai daerah yang sama. Namun demikian setiap benda bersejarah memiliki nilai tersendiri.
Berikut deretan benda bersejarah yang ditemukan di Sungai Musi:
1. Arca emas seberat 8 kg yang ditemukan pada tahun 2009. Terjual seharga Rp 4 miliar.
Patung emas 8kg ditemukan pada 2009 di Sungai Musi, terjual Rp4 Miliar. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
2. Koin emas dengan harga satuan per gram Rp 750 ribu.
Koin emas ditemukan di Sungai Musi, harga satuan, pergram bisa Rp750.000. Harga seluruh tergantung dari hasil timbangan emas. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
3. Fosil, dihargai sekitar Rp 4 juta
Fosil Lupo, temuan Sungai Musi, harga sekitar Rp4 juta. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
4. Prasasti dihargai Rp 500 ribu. Namun untuk prasasti yang mengandung emas dihargai Rp 2 juta.
Prasasti dari Sungai Musi, harga sekitar Rp500ribu. Prasasti yang mengandung emas, mempunya harga sekitar Rp2 juta. Tergantung seberapa berat prasasti emas yang ditemukan. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
5. Perhiasan dengan nilai tergantung beratnya kandungan emas. Semakin banyak bisa mencapai ratusan juta.
Perhiasan yang ditemukan di Sungai Musi, sebagian dianggap peninggalan Sriwijaya dilihat dari model perhiasan. Harga bisa tergantung seberapa berat kandungan emas. Bisa saja mencapai ratusan juta. (Foto: Basith Subastian/kumparan)
----------------------------------------------
ADVERTISEMENT
Simak selengkapnya konten spesial dalam topik Harta Karun Sungai Musi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan