Pencarian populer

Menelusuri Penjualan Obat Keras Ilegal di Depok

Tramadol dan obat-obat kategori G lainnya (Foto: Maulana Ramadhan/kumparan)
Peredaran obat-obatan kategori G tengah marak di kota Depok. Padahal, obat kategori tidak boleh dijual secara bebas karena harus menggunakan resep dokter. Kasie Pemberantasan BNNK Depok, AKP Toto Susilo mengatakan, peredaran obat kategori G sudah hampir meliputi seluruh wilayah Depok.
ADVERTISEMENT
Menurut Toto, obat-obat kategori yang beredar luas di Depok, dijual di toko-toko obat yang tidak resmi atau ilegal, bukan di apotek.
"Iya banyak sekali obat-obat itu, dijual di toko-toko obat. Daftar G dan obat-obat keras itu banyak sekali dijual. Kalau yang di apotek itu resmi, dan harus berdasarkan resep dokter," kata Toto kepada kumparan (kumparan.com), Selasa (3/4).
Jenis-jenis obat keras yang paling banyak diburu di Depok adalah Tramadol, Trihexypenidyl atau Trihex, dan Riklona. Dari keempat jenis tersebut, Tramadol dan Trihex yang paling sering dicari karena harganya yang murah.
kumparan lalu melakukan penelusuran ke sejumlah toko-toko obat di wilayah Depok untuk mencari obat Tramadol, Riklona, dan Trihex. Dari hasil penelusuran kumparan, tidak semua toko obat di Depok menjual jenis-jenis obat keras tersebut.
ADVERTISEMENT
Selengkapnya bisa disaksikan di video berikut ini:
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80