Pencarian populer

Mengenal Tank M113A1 yang Tenggelam di Purworejo

Kecelakaan Tank TNI (Foto: Facebook/Dewi Phutri )

Tenggelamnya Tank Yonif 412 / Bharata Eka Sakti di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, menyisakan duka mendalam. Tank yang membawa 16 siswa PAUD yang awalnya diniatkan untuk study tour ke Markas Yonmek 412 / Bharata Eka Sakti, justru menyebabkan dua orang meninggal dunia.

Terlepas dari kasusnya yang kini tengah diselidiki oleh Kostrad, tank yang ditumpangi oleh belasan siswa PAUD tersebut berjenis M113A1. Dengan demikian, jenis tank tersebut merupakan buatan Amerika Serikat dan pernah terlibat dalam perang Vietnam pada 1962. Hal itu berdasarkan konfirmasi dari Kepala Penerangan Kostrad Letkol Inf Putra Widyawinaya.

“Ya, benar (M113A1),” ujar Letkol Inf Putra Widyawinaya kepada kumparan, Minggu (11/3).

Jika ditilik dari tahun pembuatannya, tank ini merupakan varian yang cukup antik. Cikal bakal proyek ini sudah dimulai sejak 1956 oleh FMC Corporation, dan pertama kali diproduksi pada tahun 1957. Unit ini biasa digunakan pada sejumlah operasi militer Amerika Serikat di Timur Tengah.

Tank ini dapat diawaki oleh dua personel, yakni sopir dan penembak. Sementara jumlah pasukan yang dapat dibawa sebanyak 11 orang. Pasukan dapat keluar masuk lewat hatch (tutup kabin) di bagian atap. Lewat hatch ini, pasukan infanteri dapat memberikan bantuan tembakan.

Tank ini sendiri dipersenjatai dengan kanon kaliber menengah, senjata yang paling umum adalah kaliber 20 mm sampai 105 mm, sangat efektif untuk menyerang kendaraan lapis baja lainnya.

Tank M113A1. (Foto: Wikimedia Commons)

Selain itu, tank ini juga dilengkapi dengan peluncur granat otomatis 40 mm Mk 19, juga dilengkapi dengan Misil Anti Tank terpadu BGM-71 TOW atau Dragon M47 yang ringan. Dengan sistem senjata seperti itu, tank ini dapat menjadi pemburu yang tangguh

Untuk urusan berada di dua tempat, tank ini juga dilengkapi dengan kemampuan amfibi, yakni dapat berada di darat dan air dengan mobilitas yang baik. Meski demikian, tank ini hanya bisa berenang terbatas pada lingkup sungai dan danau. Selain itu, dibutuhkan baling-baling tambahan. Tank ini dibuat dengan desain yang sederhana agar mampu beradaptasi untuk berbagai keperluan.

Lalu seperti apa bahan bakarnya? Tank ini diketahui menggunakan bahan bakar diesel, Adapun diesel dipilih karena lbih murah dan irit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36