Pencarian populer
Mengingat Kembali 10 Hal Viral di Media Sosial Sepanjang 2018
Ilustrasi Viral (Foto: Pixabay)
Selama tahun 2018, warganet Indonesia disuguhkan berbagai isu di media sosial. Mulai dari Instagram, Twitter dan Facebook diramaikan oleh berbagai hal, mulai dari isu yang berat hingga ringan.
Sebut saja, sebuah mobil Toyota Vios bermuka dua asal Bandung menjadi perbincangan warganet di awal 2018. Warganet dibuat penasaran bagaimana cara mengendarai mobil tersebut. Selain itu, ada pula celotehan curhat dari Nina Carolina atau yang lebih dikenal dengan Mpok Alpa. Video curhatnya viral di Instagram pada penghujung Januari 2018.
Berikut 10 momen viral yang dirangkum kumparan selama 2018.
Mobil Bermuka Dua di Bandung
Sebuah odifikasi Toyota Vios menghebohkan warga Bandung. Mobil tersebut melintas di Jalan Sukajadi, tepatnya di depan Polsek Sukajadi, Bandung, Jawa Barat pada awal 2018 silam.
Mobil bercat warna emas itu dimiliki seorang kepala bengkel perusahaan taksi di Bandung, Rony Gunawan (71). Menurut dia, proses pembuatan mobil tersebut memakan waktu selama 3 bulan lebih.
"Proses pekerjaan 3 bulan setengah. Dimulai bulan September, beres bulan Januari," ucap Rony saat ditemui kumparan di kantornya, Jalan Babakan Cibeureum, Kota Bandung, Rabu (17/1).
Perempuan Dihujani Uang
Februari 2018, sebuah video seorang perempuan yang dikenal dengan Bu Dendy tengah mengamuk viral di media sosial. Bahkan, saat itu video itu menjadi salah satu Trending Topic Worldwide di Twitter.
Diketahui, dalam video itu Bu Dendy sedang murka dan melemparkan sejumlah uang ke seorang perempuan. Kemarahnnya tersulut lantaran ia menduga perempuan berkerudung merah yang ada di video itu berselingkuh dengan suaminya.
Perempuan bernama Nylla Nylala itu hanya bisa pasrah saat dihujani uang oleh Bu Dendy. Namun perseteruan itu akhirnya berujung damai.
Curhat Mpok Alpa
Celoteh wanita dengan logat Betawi viral di media sosial di pertengahan Februari 2018. Curhatannya sederhana, ia hanya ingin diajak jalan-jalan dan belanja ke mal oleh suaminya. Namun, kepolosannya itu membuat videonya langsung viral.
Perempuan yang tinggal di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, itu bernama Nina Carolina (30). Setelah viral, kumparan berkesempatan bertemu dengan perempuan yang akrab disapa Mpok Alpa tersebut.
Bocah Bermotor Mini Ditilang
Seorang bocah mengendarai motor mini di jalan raya sekitaran Monumen Trunojoyo, Sampang, Madura, awal April 2018 lalu. Karena dianggap berbahaya, polisi kemudian memberhentikan bocah tersebut. Video kepolosan anak itu diberhentikan oleh polisi diunggah oleh akun Facebook Ayuk Santikah Ayuk.
Karena ketakutan atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh polisi, bocah tersebut kemudian menangis. Jawaban-jawaban polos dan tangisan keluar dari mulut anak yang diketahui bernama Restu itu mengundang beragam komentar. Salah satunya, warganet menyayangkan alasan kedua orang tua Restu membiarkannya berkendara di jalan raya.
Sejak diunggah hingga 31 Desember 2018, unggahan Ayuk itu telah disaksikan lebih dari 19 juta penonton. Pada akhirnya, Restu mendapat hadiah berupa mainan dari polisi.
Baju Koko 'Black Panther'
Baju koko Black Panther menjamur di pasar-pasar di Indoensia. Demam baju koko berwarna hitam itu berawal dari film garapan Marvel Studios yang berjudul Black Panther.
Dalam film itu, dari sederet kostum 'Black Panther', ada satu yang sangat mencuri perhatian, yaitu baju hitam berkerah pendek dengan lengan panjang yang dikenakan oleh karakter Raja Wakanda T'Challa. Baju itu mirip dengan baju koko yang umum digunakan di Indonesia.
Demam Kiki Challenge
Di penghujung Juli 2018, Kiki Challenge atau In My Feelings Challenge ramai dibicarakan warganet. Selain menjadi pembicaraan, banyak warganet yang mencoba mempraktekkannya.
Kala itu warganet kegandrungan mencoba menari setelah melompat dari mobil yang berjalan pelan sambil diiringi lagu 'In My Feelings'. Namun belakangan, polisi melarang Kiki Challenge. Sebab tarian tersebut dianggap membahayakan.
Aksi Heroik Joni
Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 diwarnai aksi heroik seorang bocah di daerah Pos Lintas Batas, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT). Joni, bocah yang masih duduk di kelas satu SMPN 1 Silawan Atambua itu memanjat tiang bendera. Kala itu, bendera yang sedang ditarik bersamaan dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya nyangkut.tersangkut
Akibat aksinya, Joni mendapat banyak pujian, hingga berbagai beasiswa menghampirinya.
Mahasiswa Mirip Jokowi
Awal September 2018, media sosial dihebohkan oleh seorang pria yang dianggap mirip dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo.
Laki-laki kelahiran 17 Januari 2000 itu bernama Dimaz Pratama Wijaya. Ia adalah mahasiswa di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Pertama kali foto Jokowi KW itu diunggah oleh akun Instagram mahasiswajogja.id
Bahasa Anak Jaksel
Selain mahasiswa mirip Jokowi, awal September 2018, gaya bahasa campuran menjadi perbincangan di media sosial. Campuan antara bahasa Indonesia dan Inggris itu disebut-sebut merupakan ciri khas bahasa anak Jakarta Selatan alias Jaksel.
Bukan tanpa sebab, gaya campuran itu diidentikkan dengan Jaksel lantaran tempat itu memang dikenal dengan banyaknya tempat hangout dan mal. Selain itu, anak Jaksel memang kerap diidentikkan sebagai anak gaul hipster dan gaya mereka yang artsy.
#CrazyRichSurabayan
Pertengahan September 2018, Twitter Indonesia diramaikan oleh tagar #CrazyRichSurabayan. Tagar tersebut muncul beberapa hari setelah film yang diadaptasi dari novel Kevi Kwan, Crazy Rich Asian, menghiasi daftar film di bioskop-bioskop Indoensia.
Dalam tagar #CrazyRichSurabayan, warga Twitter membagikan tingkah unik para konglomerat Surabaya yang kekayaannya tidak kalah dengan keluarga Young. Young adalah salah satu karakter di film Crazy Rich Asian.
Salah satu akun yang berbagi pengalaman soal orang-orang kaya di Surabaya adalah @btari_durga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: