• 0

Menkes Akan Cek RS yang Tak Bisa Layani Suami Istri Asal NTT

Menkes Akan Cek RS yang Tak Bisa Layani Suami Istri Asal NTT


 Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Menteri Kesehatan Nila Moeloek (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memberikan penjelasan mengenai pasangan suami istri asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Nikolas Newa dan Fransiska Enga yang nekat datang ke Jakarta demi mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Jokowi. Nila menegaskan, keduanya kini sudah diberikan KIS.
Dia menyebut, saat ini pasangan itu sudah dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, untuk mendapat perawatan.
"Tentu saya menunggu diagnosisnya, apa ini kalau dan kemudian kalau sudah tahu sakitnya apa, apa yang mau dilakukan dan nasibnya bagaimana. Tapi untuk Kartu Indonesia Sehatnya sudah beres semua," kata Nila F Moeloek di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4).
Nila merasa heran mengapa ada warga yang kesulitan mendapatkan KIS di NTT. Padahal untuk mendapatkan KIS, pemohon hanya perlu mendapatkan surat keterangan tak mampu dari desa setempat.
Dia menjelaskan, prosedur pembuatan KIS berawal dari surat keterangan tidak mampu yang berasal dari desa. Setelahnya, surat itu akan dikirim ke Dinas Sosial.

 Suami Istri Asal NTT Ingin Bertemu Jokowi

Suami Istri Asal NTT Ingin Bertemu Jokowi (Foto: Ema Fitriyani/kumparan)
"Kemudian dianjurkan diterima dan diberikan ke BPJS. BPJS memberikan Kartu Indonesia Sehat dan kami bisa memakainya," ucap Nila F Moeloek.
Yang jelas Nila menegaskan masalah KIS untuk Nikolas dan Fransiska sudah beres. Sementara untuk biaya rumah sakit bagi Fransiska di Rumah Sakit Fatmawati sudah tercover dengan KIS.
"Kalau pun enggak, kami kan juga tetap harus menolong dalam hal ini," bebernya.
Sementara, ketika disinggung soal pelayanan rumah sakit di NTT yang tidak memadai, Nila mengaku akan mengeceknya. Sebab, semestinya pihak rumah sakit bisa memberikan pelayanan dengan baik.
"Menurut saya bisa kita lacak ada apa? Maksud saya kita harus lihat masing-masing ya. Persoalan itu kan kalau sakit itu agak individual," tutur Nila F Moeloek.
Pasangan asal Penginanga, Desa Lape, Kecamatan Aesesa, Flores, Nusa Tenggara Timur tersebut sengaja datang ke Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo. Mereka ingin minta dibuatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), namun pasutri tersebut sempat telantar di Jakarta.
Keduanya kemudian ditemukan oleh petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Timur di sekitar Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (14/4). Pasangan suami istri itu ingin segera dirawat dan dioperasi di rumah sakit yang ada di Jakarta karena rumah sakit di NTT tidak memadai.
Setelah menjalani operasi dan dinyatakan sembuh, pasangan itu ingin kembali pulang ke kampung halamannya di NTT.

NewsKartu Indonesia SehatPerjalanan Newa-EngaNila F. Moeloek

presentation
500

Baca Lainnya