Pencarian populer

Menlu: Hingga Senin, Ada 40 Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di XXI Plaza Indonesia, Kamis, (2/4). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

Presiden Joko Widodo meraih suara terbanyak versi rekap suara nasional oleh KPU. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, sejumlah ucapan selamat dari berbagai pihak terus mengalir ke Jokowi mulai dari kepala negara sahabat hingga organisasi internasional.

"Sejauh ini sudah per hari ini, per detik ini sudah ada 40 negara plus 3 organisasi internasional yang sudah menyampaikan ucapan selamat," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Terbaru, Retno mengatakan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menelepon Jokowi dan mengucapkan selamat. Salah satu kepala negara, juga mengucapkan selamat atas perolehan suara Jokowi yang mengungguli capres 02 Prabowo Subianto, seperti Presiden AS, Donald Trump.

"Kalau telepon, dan terakhir yang menelepon bapak adalah PM Kanada. Tadi juga saya melaporkan ke Presiden, bahwa Presiden Timor Leste juga ingin melakukan pembicaraan dengan presiden untuk menyampaikan ucapan selamat," kata Retno.

"Kemudian Presiden Trump juga sudah bersurat kepada bapak. PM Inggris waktu itu menelepon bapak dan sebagainya," timpalnya.

Retno mengatakan, beberapa kepala negara tersebut ada yang mengucapkan via telepon, twitter hingga surat diplomatik kepada pemerintah Indonesia.

KPU RI telah merampungkan tahapan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019 di 34 provinsi dan 130 PPLN. KPU kemudian mengumumkan dan menetapkan hasil perolehan suara Pilpres 2019.

Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf mengalahkan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan total suara sah 154.257.60 suara. Berikut hasil resmi KPU RI:

Jokowi-Ma'ruf: 85.607.362 suara (55,50%)

Prabowo-Sandi: 68.650.239 suara (44,50%)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31