kumparan
9 Jul 2018 22:29 WIB

Menlu Inggris Boris Johnson Mengundurkan Diri

Boris Johnson, Menteri Luar Negeri Inggris. (Foto: dok. Reuters)
Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson memutuskan mengundurkan diri. Keputusan itu diambil di tengah krisis jelang keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau dikenal dengan Brexit.
ADVERTISEMENT
Johnson adalah menteri kedua yang mundur pada hari ini Senin (9/7). Selang beberapa jam sebelumnya langkah serupa diambil oleh Menteri Urusan Brexit, David Davis.
Mengutip dari BBC, pengunduran diri Johnson terjadi sebelum Perdana Menteri Inggris, Theresia May, membahas rencana barunya terkait Brexit. Rencana itu telah membuat anggota Parlemen Inggris geram. 
Dari beberapa isu yang berkembang di Inggris pengunduran diri Johnson dikarenakan perbedaan pendapat dengan May soal keputusan Inggris yang keluar dari Uni Eropa. 
Sementara itu, dalam sebuah pernyataan May menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Johnson atas kinerja yang diberikan. Ia juga mengatakan pengganti Johnson akan segera diumumkan.
Laura Kuenssberg, Editor Politik BBC, mengatakan keputusan hengkangnya Johnson berpotensi menjadikan situasi 'sulit' dan 'krisis besar bagi PM May. 
ADVERTISEMENT
Kuenssberg menuturkan Johnson bukanlah seorang menteri kabinet biasa. Namun, mantan Wali Kota London itu adalah 'wajah' dari Leave Campaign selama referendum brexit 2016.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan