Pencarian populer

MK Kenang AS Natabaya: Selalu Pegang Teguh Prinsipnya

Proses pemakaman Mantan Hakim MK AHmad Syariffudin Natabaya di TMP Kalibata. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Mantan hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Ahmad Syarifuddin Natabaya, menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (10/7) malam. Jenazah pun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis siang.
ADVERTISEMENT
Selain keluarga dan jajaran pegawai MK, hadir dalam pemakaman itu eks Ketua MK Hamdan Zoelva dan Jimly Asshiddiqie. Sekjen MK Guntur Hamzah mengungkapkan, institusinya sangat kehilangan atas kepergian Natabaya.
“Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan. Dapat menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua,” ujar Guntur di TMP Kalibata, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (11/7).
Proses pemakaman Mantan Hakim MK AHmad Syariffudin Natabaya di TMP Kalibata. Foto: Ferry Fadhlurrahman/kumparan
Guntur mengatakan, Hakim MK periode 2003-2008 itu dikenal sebagai sosok yang selalu memegang teguh prinsip-prinsipnya. Terutama dalam mengemban tanggung jawabnya sebagai hakim.
“Kepergian almarhum, kita semua telah kehilangan putra bangsa yang baik. Yang selalu memegang teguh setiap prinsip-prinsipnya di perjuangan pada negara dan telah bekerja keras dalam mengemban setiap tugas negara,” ungkap Guntur.
Natabaya yang merupakan hakim MK periode pertama itu wafat pada Rabu pukul 20.05 WIB. Setelah bertugas di MK, ia juga pernah menjadi hakim di Mahkamah Partai Golkar dan mengadili sengketa kepengurusan antara Golkar versi Aburizal Bakrie.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80