Pencarian populer

Mudik Gratis Pakai Kapal Laut Bareng Kemenhub Bisa Dapat Motor

Mudik gratis dengan kapal laut (Foto: Novan Nurul Alam/kumparan)
Untuk menarik pemudik menggunakan transportasi umum khususnya kapal laut, Kementerian Perhubungan menyiapkan strategi khusus. Strategi itu dengan menyelenggarakan mudik gratis berhadiah.
ADVERTISEMENT
Hal ini dijelaskan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Chandra Irawan. Chandra Irawan menyebut hadiah yang akan diberikan kepada peserta mudik gratis adalah sebuah sepeda motor.
"Kami sampaikan juga kegiatan arus mudik ini ada semacam ada untuk menyenangkan penumpang ada doorprize setiap kapal ada doorprize ada satu motor untuk satu kapal," kata Chandra di Kantor Kemenhub, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).
"Jadi kita undi langsung kita berikan dan diambil di tempat tujuan," lanjut dia.
Kantin mudik gratis dengan kapal laut (Foto: Novan Nurul Alam/kumparan)
Setiap pemudik mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa medapatkan doorprize berdasarkan undian yang ada nantinya. Chandra menjelaskan, untuk arus angkutan Lebaran tahun ini Kemenhub menyediakan 26 kapal untuk mudik.
Lalu disediakan pula 113 kapal perintis dan 5 kapal cadangan yang digunakan sebagai antisipasi pelonjakan penumpang.
ADVERTISEMENT
"Kita buat kapal cadangan di beberapa lokasi. PT Pelni siapkan 26 kapal roro dan kapal perintis sebanyak 113 dan ada dari pelni dan swasta dan ada 5 kapal cadangan jika dibutuhkan" ucap Chandra.
Sementara itu pada kesempatan yang sama Chandra menjelaskan sudah 78 persen masyarakat yang ingin ikut mudik gratis menggunakan kapal laut termasuk yang menggunakan sepeda motor. Khususnya untuk jalur Jakarta ke Semarang. Untuk pengguna sepeda motor Jakarta ke Semarang dimulai H-6 yaitu tanggal 9 Juni.
"Untuk penumpang yang gunakan motor Jakarta ke Semarang kami siapkan angkutan laut mudik gratis. Dan dari data kami udah daftar kurang lebih 78 % dari kuota motor dan penumpang. Kami sampaikan datanya untuk motor kuotanya 15. 200 untuk penumpang 34.200," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80