kumparan
10 Jun 2018 13:42 WIB

NasDem soal Amien Jadi Capres: Sah Saja Asal Ada Parpol yang Dukung

Amien Rais di kantor Republika. (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengaku ingin maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019 karena terinspirasi oleh kemenangan Mahathir Mohammad di Malaysia. Menurut Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago sebenarnya keinginan Amien tersebut sah-sah saja.
ADVERTISEMENT
"Sah-sah saja, tinggal ada enggak partai yang kasih kesempatan itu pada beliau?" kata Irma melalui pesan singkat kepada kumparan, Minggu (10/6).
Sebab, peraturan presidential threshold mewajibkan setiap calon presiden didukung paling tidak oleh 20 persen kursi di pemerintahan. Sedangkan, untuk masalah kelayakan Amien untuk maju, Irma mengaku akan menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat.
"Soal layak atau tidak, itu relatif bagaimana masyarakat menilainya," lanjut Irma.
Amien Rais mengaku ingin maju sebagai capres karena berkaca dari Mahathir yang berhasil menjadi Perdana Menteri Malaysia di usia lanjut, 93 tahun. Hal tersebut memicu semangat Amien untuk aktif mengabdi kepada negara dengan mencalonkan diri sebagai presiden.
"Kalau Mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir Jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya terima kasih pak Mahathir," kata Amien di Jalan Widya Chandara, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).
ADVERTISEMENT
Selain Amien, terdapat tiga sosok lain dari PAN yang dapat dijadikan opsi calon presiden. Ketiga sosok lainnya yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan Sutrisno Bachir.
"Kami akan mengusung cuma empat saja. Kader terbaik yaitu ketua umum masing-masing pada zamannya," pungkas Amien.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan