kumparan
21 Feb 2019 20:31 WIB

NasDem Tegaskan Partai Pendukung Tak Akan Minta Balas Jasa ke Jokowi

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Sekjen Partai Nasdem Johnnya G Plate mengatakan partai pendukung memberikan dukungan ke Jokowi tanpa syarat. Sehingga Jokowi tidak perlu membalas jasa.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut diungkapkan Plate dalam Talkshow Bedah Program Capres-Cawapres di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (21/2).
“Partai pendukung yang sekarang mendukung Pak Jokowi adalah partai pendukung yang mendukung tanpa syarat. Dengan tanpa syarat tidak ada kewajiban apapun dari Pak Joko Widodo untuk membalas jasa,” kata Plate.
Plate juga menyebut bahwa partainya merupakan partai tanpa mahar. Sehingga tidak ada ikatan janji Jokowi untuk berpihak kepada partainya. Dengan begitu harapannya pengelolaan manajemen akan benar-benar profesional.
“Apalagi dari partai yang saya menjadi sekjen, tanpa mahar,” kata dia.
“Kita harapkan tata kelola manajemennya benar-benar atas dasar tata kelola yang profesional manajemen yang profesional. Dan seperti Pak Jokowi yang disampaikan saat debatnya tidak takut kepada siapapun kecuali Tuhan Yang Maha Esa karena (Jokowi) bekerja untuk bangsa negara dan rakyatnya tercinta,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN yang juga bagian dari BPN Prabowo-Sandi, Said Didu menyambut santai ucapan dari Plate. Dia berharap hal itu benar-benar terjadi.
“Saya senang dengar Pak Plate tadi. Mudahan-mudahan benar terjadi,” kata dia.
Plate sendiri kemudian mengklarifikasi bahwa anggota kabinet merupakan hek preogratif presiden dan diserahkan kepada presiden.
“Bahkan pada saat presiden mengambil kader partai bagi Nasdem misalnya sebagai contoh maka menjadi kewajibannya karena pendukung untuk mendukung. Tetapi itu bukan pembagian kekuasaan,” katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan