kumparan
24 Jun 2018 14:14 WIB

Neve Te Aroha Ardern Gayford, Nama Anak PM Selandia Baru

PM Selandia Baru Jacinda Ardern (Foto: REUTERS/Ross Land)
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengungkapkan nama anaknya dalam konferensi pers pertama sejak kelahirannya pada Kamis (21/6) lalu. Ardern memberi nama anak perempuannya itu, Neve Te Aroha Ardern Gayford.
ADVERTISEMENT
"Kami pilih nama itu karena kami suka. Ketika kami lihat dia, kami pikir nama itu cocok dengannya," kata Ardern sambil menggendong Neve, dilansir AFP, Minggu (24/6).
Ardern menambahkan, nama Neve berarti "terang, bersinar, dan salju". Sedangkan Te Aroha adalah nama kampung halaman keluarga Ardern yang berjarak 140 kilometer dari ibu kota Auckland.
Lebih lanjut Ardern mengungkapkan rasa bahagianya atas ucapan dan doa dari berbagai pihak, di antaranya yakni dari Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry, dan Meghan Markle.
"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada warga Selandia Baru atas dukungannya. Kami baik-baik saja. Sangat kurang tidur, tetapi baik-baik saja," lanjut Ardern.
Meski begitu Ardern berharap agar pengalamannya ini tak lagi menjadi suatu hal yang dilebih-lebihkan di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
"Saya harap nantinya hal ini tidak lagi menjadi sebuah peristiwa yang baru dan bisa diterima secara umum. Tidak hanya untuk perempuan, tapi juga laki-laki," kata dia yang duduk di samping suaminya, Clarke Gayford.
PM Selandia Baru Jacinda Ardern (Foto: REUTERS/Ross Land)
Nantinya, Neve akan dirawat oleh Gayford yang menjadi bapak rumah tangga, ketika Ardern kembali bekerja setelah cuti kelahiran selama enam minggu.
"Saya harap anak-anak perempuan maupun laki-laki mengerti bahwa saat dewasa nanti, mereka memiliki pilihan soal mengurus keluarganya dan karier apa yang ingin mereka jalani serta membuat mereka bahagia," ucapnya.
Sementara itu mantan PM Selandia Baru Helen Clark mengatakan pasangan Ardern dan Gayford telah memberikan inspirasi bagi dunia.
Kini, pemerintahan Selandia Baru ditangani oleh Wakil PM Winston Peters hingga Ardern kembali memimpin.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan