kumparan
10 Jun 2018 20:54 WIB

PAN: Usul Amien Rais Nyapres Akan Dibahas di Rakernas

Amien Rais (Foto: Garin Gustavian/kumparan)
Munculnya nama Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dalam bursa capres mendapat dukungan dari beberapa elite di partainya. Seperti dukungan dari Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga.
ADVERTISEMENT
Ia bahkan menyebut nama Amien nanti akan dibawa dalam rapat kerja nasional (rakernas) PAN yang akan digelar setelah pilkada berlangsung pada bulan Juni 2018.
"Setelah penyelenggaraan pilkada, 28 Juni 2018, akan dilaksanakan Rakernas PAN untuk finalisasi keputusan partai tentang pasangan capres atau cawapres," kata Viva dalam keterangannya yang diterima kumparan, Minggu (10/6).
Selain nama Amien, ia juga menjelaskan ada nama lain yang akan dibahas bersama nanti. Nama-nama tersebut yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasihat PAN Soetrisno Bachir dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.
"PAN juga mengusulkan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir (Ketua Dewan Penasehat PAN), dan Hatta Rajasa (mantan Ketua Umum PAN)," jelasnya.
Adapun, terkait dengan wacana pencalonan Amien Rais nanti dia menyebutkan ada beberapa hal yang nantinya akan turut dipertimbangkan.
ADVERTISEMENT
"Pak Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI dan cinta rakyat Indonesia." kata Viva.
Tak hanya itu, pertimbangan lainnya diakui Viva adalah pengalaman Amien yang pernah menjadi salah satu tokoh penting dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia. Hal itu merujuk pada latar belakang Amien yang menjadi tokoh reformasi dan pernah menjadi Ketua MPR.
"Pak Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya NKRI," jelasnya.
Wakil Ketua Komisi IV DPR, Viva Yoga Mauladi (Foto: Ela Nurlaela/kumparan)
Lebih lanjut, kondisi fisik Amien yang hingga sekarang masih terlihat prima diangapnya mampu menjalankan tugas-tugas pokok kenegaraan.
"Pak Amien masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja," jelasnya.
"Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan