• 10

Panduan Cepat Mengikuti Berita Teror Bom Gereja Surabaya

Panduan Cepat Mengikuti Berita Teror Bom Gereja Surabaya


Pengamanan ledakan bom di Surabaya.

Pengamanan ledakan bom di Surabaya. (Foto: AFP/JUNI KRISWANTO)
Teror bom di tiga Gereja Surabaya, Jawa Timur, menambah daftar panjang aksi kekerasan atas nama agama di Indonesia. Kejadian ini sungguh disayangkan, terlebih lagi baru saja teror terjadi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, beberapa hari lalu.
Untuk memudahkan Anda dalam mengikuti perkembangan terbaru terkait peristiwa ini, kumparan akan menyajikan poin-poin penting (poin terbaru dari atas) rangkaian peristiwa teror tersebut sampai tengah malam nanti, Minggu (13/5). Update berita terkini juga bisa Anda ikuti di topik 'Teror Bom Surabaya'.
  • Terjadi ledakan susulan di Rusunawa Wonocolo Sidoarjo. Suaranya lebih kencang dari ledakan sebelumnya. Diduga ledakan ini menimbulkan korban.
  • Satu bom lagi meledak. Kali ini berada di rusunawa belakang Polsek Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Satu orang tewas akibat peristiwa ini, diduga dia adalah bagian dari jaringan teroris.
  • Polisi langsung mendatangi kediaman keluarga bomber di Surabaya. Rumahnya cukup mewah terletak di kawasan Wonorejo Rungkut, Surabaya. Di sana, polisi menemukan tiga bom pipa yang aktif.
  • Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan para pelaku bom bunuh diri gereja di Surabaya adalah satu keluarga, terdiri dari ayah, ibu dan anak-anak. Ayahnya bernama Dita Oepriarto, istrinya bernama Puji Kuswati, anak perempuan bernama Fadhila Sari (12), Famela Rizqita (9), dan anak laki-laki bernama Yusuf Fadhil (18) dan Firman Halim (16).

Pengamanan ledakan bom di Surabaya.

Pengamanan ledakan bom di Surabaya. (Foto: AFP/JUNI KRISWANTO)
  • Berbeda dengan aksi teror sebelumnya, bom yang digunakan oleh para pelaku teror tidak memakai material tambahan seperti paku, mur atau benda tajam lainnya.
  • Data terbaru yang dirilis Mabes Polri kini menyebut ada 13 orang tewas akibat bom di tiga gereja di Surabaya. Terdiri dari enam pelaku dan tujuh jemaat gereja.
  • Tak ada penutupan mal dan rumah ibadah di Surabaya.
  • Jakarta, Bandung dan daerah lain seperti Yogyakarta siaga 1. Pengamanan di sejumlah titik rawan diperketat.

Korban ledakan di Gereja Kristen Indonesia

Korban ledakan di Gereja Kristen Indonesia (Foto: Antara/Didik Suhartono)
  • Kronologi kejadian: bom pertama kali meledak pukul 07.30 terjadi di Gereja Santa Maria, Ngagel. Disusul kemudian ledakan di GKI Diponegoro dan GPPS.

3 lokasi gereja yang dibom di surabaya

3 lokasi gereja yang dibom di surabaya (Foto: Google Maps)
  • Bom meledak di tiga gereja di Surabaya: Gereja Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jalan Arjuno.

NewsSurabayaGereja DibomTerorisme

presentation
500

Baca Lainnya