Pencarian populer

Pangeran Naruhito Resmi Naik Takhta Jadi Kaisar Jepang

Kaisar Jepang Naruhito, diapit oleh Putra Mahkota Akishino, menghadiri ritual yang disebut Kenji-to-Shokei-no-gi, sebuah upacara untuk mewarisi tanda kerajaan dan segel kekaisaran, di Istana Kekaisaran di Tokyo Foto: Japan Pool via REUTERS

Kaisar baru Jepang Naruhito pada Rabu (1/5) resmi naik takhta. Ia menggantikan posisi sang ayah Akihito yang memilih mengundurkan diri.

Upacara pelantikan Naruhito dilakukan di Istana Kekaisaran Tokyo. Dengan pelantikan tersebut, Naruhito menjadi Kaisar Jepang ke-126.

Hanya anggota kekaisaran pria yang diizinkan hadir dalam perayaan naiknya Kaisar baru.

Kaisar baru Jepang Naruhito (kanan) saat berada di dalam kendaraan. Foto: Toshifumi Kitamura / AFP

Pelantikan Naruhito merupakan penanda era baru kekaisaran Jepang, Reiwa. Setiap Kaisar di Jepang memiliki keistimewaan untuk memberi nama era kepemimpinannya.

Saat menyampaikan pidato pertamanya sebagai Kaisar Jepang Naruhito berterima kasih atas jasa-jasa orang tuanya selama memimpin Negeri Matahari Terbit. Ia pun berjanji akan menjalankan tugas barunya ini dengan penuh tanggung jawab.

"Saat saya naik takhta, saya berjanji saya selalu memikirkan dan mendekat dengan rakyat, saya juga akan memenuhi tugas saya sebagai simbol dan pemersatu masyarakat Jepang sesuai konstitusi," ucap Naruhito, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/5).

"Saya dengan tulus berharap rakyat bahagia dan kemajuan negara ini demi perdamaian dunia," sambung dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57