Pencarian populer

Panglima: TNI Bantu Deteksi Dini Teroris hingga Lancarkan Arus Mudik

Hadi Tjahjanto dan Tito Karnavian (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

TNI juga terlibat dalam pengamanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018. TNI akan dilibatkan dalam berbagai operasi mulai penanggulangan terorisme hingga keselamatan warga selama muduk Lebaran 2018.

"Mengantisipasi kemungkinan aksi terorisme dengan cara cegah dini dan deteksi dini tehadap jaringan JAD. Kedua pengamanan arus mudik dan balik di sepanjang jalan yang dilalui masyarakat," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat rapat koordinasi kesiapan Lebaran 2018, di Korlantas Polri, Selasa (5/6).

Hadi memang tidak menjelaskan secara rinci peran TNI dalam membantu Polri menangkal dan mendeteksi dini gerakan teroris. Di sisi lain, prajurit TNI juga akan disiagakan di bandara, pelabuhan, terminal, hingga berbagai titik jalur mudik lainnya sehingga pemudik sampai di tempat tujuan dengan aman.

Rapat Koordinasi Pengamanan Idulfitri 1439 H (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)

"Kedua aman dalam melaksanakan Salat Id, dan dilanjutkan bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Dan aman saat arus balik, ke rumah masing-masing. Untuk itu TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya telah mengantisipasi suatu rencana," jelas dia.

Tak hanya itu, Hadi juga menyiagakan prajurit di beberapa lokasi rawan bencana alam. Sejumlah alutsista juga disiapkan untuk proses evakuasi bila kondisi darurat terjadi.

"TNI akan mempersiapkan alustista mulai dari heli yang nantinya berkoordinasi dengan Basarnas. Kemudian menyiagakan kapal perang untuk membantu kelancaran arus mudik," ucap dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40