kumparan
5 Jun 2018 18:49 WIB

Panglima TNI Tegaskan Sinergi dengan Polri dalam Berantas Teroris

Hadi Tjahjanto dan Tito Karnavian (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sempat memberikan sambutan dalam acara buka puasa antara prajurit TNI dengan Presiden Joko Widodo serta Wapres Jusuf Kalla di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hadi mengatakan diperlukan adanya sinergi antara TNI dan Polri untuk menghadapi tantangan bangsa Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Kolaborasi TNI-Polri sebagai bagian dari komponen bangsa diperlukan dalam menghadapi tantangan bangsa yang semakin kompleks. Termasuk di antaranya intoleransi, radikalisme dan bahkan ancaman teroris," kata Hadi dalam sambutannya, Selasa (5/6).
Hadi juga menyebut, acara buka puasa ini digelar untuk mempererat kekompakan TNI dan Polri dalam menghadapi serangkaian kegiatan yang bertaraf nasional bahkan internasional pada tahun 2018 dan 2019 mendatang. Di antaranya Asian Games dan juga Pilpres 2019.
Di kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga memberikan sambutan setelah Hadi selesai berpidato. Tito menyebut TNI dan Polri akan berupaya menciptakan keamanan sehingga Presiden dan Wapres bisa berkonsentrasi membangun ekonomi.
"Kami sudah berupaya sekuat tenaga dan berupaya dalam rangka mewujudkan stabilitas politik dan keamanan. Sehingga meringankan tugas bapak presiden dan wapres sehingga bapak-bapak dan lainnya bisa lebih fokus ke masalah ekonomi," tambah Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
ADVERTISEMENT
Selain Hadi, Tito, dan Jokowi, acara ini juga tampak dihadiri oleh sejumlah tokoh lainnya. Dari jajaran kepala staf angkatan ada KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.
Selain itu acara ini juga tampak dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan wakil presiden Try Sutrisno, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Agraria Sofyan Jalil, Menkopolhukam Wiranto, Mekomaritim Luhut Binsar Pandjaitan.
Selain itu tampak, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, dan Wakapolri Komjen Syafruddin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan