Pencarian populer

Paraguay Kembalikan Kedubesnya dari Yerusalem ke Tel Aviv

Suasana Kota Yerusalem (Foto: Reuters/Ronen Zvulun)

Paraguay mengembalikan Kedutaan Besarnya untuk Israel ke Tel Aviv. Padahal, Kedutaan Besar mereka baru saja dipindahkan secara resmi dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 21 Mei 2018.

Dilansir Reuters, keputusan tersebut telah dikeluarkan Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez pada Rabu (6/9). Menteri Luar Negeri Luis Alberto Castiglioni menjelaskan, hal tersebut merupakan upaya Paraguay mencapai perdamaian di Timur Tengah.

"Paraguay ingin berkontribusi secara intensif pada upaya diplomatik regional untuk mencapai perdamaian yang luas, adil, dan abadi di Timur Tengah," ungkap Alberto, Rabu (6/9).

Keputusan Abdo tersebut mendapat apresiasi dari pihak Palestina. Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki, yang telah bertemu dengan Abdo dua pekan lalu, menyebut keputusan tersebut sebagai pencapaian diplomatik Palestina yang baru.

"Menteri Maliki telah melakukan upaya besar selama pertemuannya dengan presiden baru Paraguay yang menginstruksikan menteri luar negerinya untuk mengatur masalah itu," kata Kementerian Palestina.

Sebelumnya, keputusan pemindahan Kedutaan Besar untuk Israel ke Tel Aviv dibuat oleh Horacio Cartes saat masih menjabat sebagai presiden. Namun, keputusan tersebut kemudian dibatalkan oleh Mario Abdo yang menggantikannya pada bulan lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53