kumparan
8 Apr 2019 10:42 WIB

Partai Erdogan Minta Penghitungan Suara Pilkada Istanbul Diulang

Suasana Pemilu Daerah di Turki. Foto: Reuters/Murad Sezer
Partai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, AKP, meminta penghitungan ulang pilkada di Istanbul. Di ibu kota ekonomi tersebut calon oposisi berhasil menang tipis dari kandidat AKP.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut disampaikan oleh calon Wali Kota Istanbul yang juga Wakil Presiden AKP Ali Ihsan Yavuz. Pada pilkada di Istanbul Yavuz harus mengakui keunggulan calon dari partai CHP, Ekrem Imamoglu. Saat penghitungan, kedua kandidat mendapat 4 juta suara, namun Imamoglu unggul 25 ribu suara.
Suasana Pemilu Daerah di Turki. Foto: Reuters/Murad Sezer
"Hari ini kami sudah membawa kasus kami ke KPU provinsi untuk menghitung ulang semua suara di seluruh distrik di Istanbul," sebut Yavuz seperti dikutip dari AFP, Senin (8/4).
Otoritas pemilu Turki belum memberikan keterangan mengenai permintaan AKP. Namun, mereka sudah menghitung ulang suara di beberapa distrik di Istanbul. Hasilnya Imamoglu masih unggul tipis.
Yavuz yang juga sosok kuat di AKP menuduh pilkada di Istanbul dinodai pelanggaran besar dan terorganisir.
Suasana Pemilu Daerah di Turki. Foto: Reuters/Murad Sezer
Kekalahan AKP di Istanbul dinilai sebagai tamparan besar bagi kekuasaan Erdogan. Pasalnya Istanbul adalah kota besar yang merupakan kampung halaman sebagian besar warga Turki. Menurut sensus, satu dari lima orang di Turki berasal dari Istanbul.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Istanbul merupakan kota yang sangat bersejarah bagi karier politik Erdogan. Sebelum jadi Presiden, Erdogan adalah Wali Kota di wilayah tersebut.
Pada pilkada di Turki Maret lalu, AKP menang hampir di seluruh wilayah. Kekalahan hanya mereka terima di ibu kota Ankara serta Istanbul.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan