kumparan
17 Agu 2018 8:22 WIB

Paspampres Tampil Beda di Upacara HUT ke-73 RI: Pakai Baju Adat

Paspampres pakai baju adat nusantara. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Paspampres punya cara berbeda merayakan HUT ke-73 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta. Paspampres yang biasanya terlihat rapi mengenakan jas atau kaus polo, kali ini mereka mengenakan baju adat.
ADVERTISEMENT
Terlihat pada Jumat (17/8), mereka yang sehari-hari mengawal pada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo terlihat berbeda.
Hiasan HUT ke-73 RI di Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Ada yang memakai baju adat Sumatera Selatan, Sumatera Utara, ada juga yang memakai baju adat Jawa. Mereka terlihat berbeda dari hari-hari biasa yang menggunakan kemeja dan jas hitam.
Meski mengenakan baju adat, tidak mempersulit langkah mereka untuk mengamankan Jokowi dan Iriana. Sebenarnya ini bukan kali pertama Paspampres mengenakan pakaian adat Nusantara di HUT RI.
Danpaspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono menjelaskan meski memakai pakaian daerah, para Paspampres dipastikan tetap dapat bergerak dengan luwes karena pihaknya sengaja mencari desain pakaian adat yang dapat membantu mereka dalam mengawal Jokowi dan Iriana.
"Repot sih enggak. Kita cari desain pakian yang kita tetap bisa bergerak tidak mengganggu kekerjaan kita. Kalau ada emergency kita bisa manuver dengan cepat. Orang yang sewa baju kita panggil ke sini," kata Suhartono.
ADVERTISEMENT
"Ada macam-macam. Mulai dari Padang, Betawi, Papua. Paspampres cewek pakai adat Papua," ungkapnya.
Pada tahun 2017 saat Indonesia berusia 72 tahun, Paspampres juga mengenakan pakaian adat Nusantara. Bahkan Jokowi dan Iriana pun mengenakan pakaian adat Nusantara.
Saat ini pantauan di Istana Merdeka, gladi bersih detik-detik Proklamasi masih terus berlangsung. Termasuk para tamu undangan terus berdatangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan