Pencarian populer
Politik

PBNU Akan Dukung Jokowi asal Cak Imin Jadi Cawapres

Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU. (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar gencar melakukan safari politik untuk mengumpulkan massa pendukungnya di berbagai daerah. Ia pun telah mengantongi dukungan para ulama dari berbagai daerah untuk maju sebagai cawapres pendamping Joko Widodo.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, juga menyatakan akan mendukung Jokowi jika ia memilih Cak Imin --sapaan Muhaimin Iskandar-- sebagai cawapresnya di Pilpres 2019. Hal ini ia katakan saat menghadiri acara peringatan Nuzulul Quran dan silaturahmi DPW PKB dengan PWNU Jateng.

"Kalau Pak Jokowi 'nglamar' Cak Imin, baru saya dukung. Kalau belum 'nglamar' masa saya dukung," katanya di Semarang, Minggu (3/6), seperti dilansir dari Antara.

Acara itu juga turut dihadiri cawagub Jateng Ida Fauziyah, Ketua PWNU Jateng Abu Hapsin, Ketua DPW PKB KH Yusuf Chuldori, dan Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman.

Sebagaimana diketahui, Cak Imin mengungkapkan aspirasi seluruh ulama dan kiai kompak mendukung ia menjadi cawapres. Dia menyebut, mayoritas ulama di Indonesia sepakat dan bersatu mendukung ia menjadi cawapres Jokowi.

Cak Imin raih dukungan komunitas Moge (Foto: Ricad Saka/kumparan)

“Ulama mayoritas sudah bersatu mendukung saya untuk mendorong, memerintahkan maju dalam pilpres 2019. Bagi saya dukungan, perintah para kiai ini tidak bisa tidak, saya harus laksanakan. Tidak ada kata mundur,” katanya di GOR Pancasila, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (1/6).

Oleh karena itu, lanjut Cak Imin, ia akan terus berjuang untuk menjadi cawapres Jokowi sesuai perintah mayoritas ulama NU. Menurut Cak Imin, respons Jokowi sejauh ini positif.

“Positif (respons Jokowi). Kita akan lihat setelah pilkada. Dan menjelang pendaftaran akan diputuskan,” ujarnya.

Cak Imin meyakini, Jokowi akan memilihnya sebagai cawapres 2019. Untuk mewujudkan itu, dia akan terus melobi seluruh elite politik terutama elite partai-partai koalisi pendukung Jokowi.

Dia melanjutkan, sebelum ia menerima capres alternatif selain Jokowi, ia terlebih dahulu akan menemui seluruh ulama NU di Nusantara. Tujuannya untuk melakukan konsolidasi sekaligus meninta arahan terkait pilihan capres alternatif.

“Sejauh ini Pak Prabowo saya lihat belum secara pasti menjadi capres. Tapi, Prabowo bisa menang kalau wapresnya Cak Imin. Jadi, kalau JOIN ditolak, kita kumpul lagi, kita konsolidasi kita arahkan ke mana langkah kita,” pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: