Pencarian populer

PDIP soal Lampiran Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf: Enggak Benar

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat hadir dalam pelantikan DPC PDIP Surabaya. Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan
Sebuah lampiran susunan kabinet beredar pada pesan grup Whatsapp dengan tulisan ‘Risalah Rapat Pengangkatan Menteri dan Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja II Periode 2019-2024.’ Dalam surat itu, disebutkan sejumlah nama yang bakal mengisi Kabinet Kerja II Jokowi-Ma’ruf.
ADVERTISEMENT
Di antara nama-nama itu, ada nama politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka yang ditulis bakal menempati jabatan Menteri Ketenagakerjaan. Ada pula Budiman Sudjatmiko yang ditulis bakal mengisi posisi sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menegaskan lampiran tersebut tidak benar. Djarot bahkan mempertanyakan asal lampiran tersebut.
“Wah opo (apa) ini? Enggak, enggak. Kalau menurut saya enggak,” ujar Djarot saat ditemui di DPP PDIP Jawa Timur, Surabaya, Selasa (16/7).
Lampiran susunan kabinet beredar pada pesan grup Whatshapp. Foto: Dok. Kominfo
Saat ditelusuri melalui situs kominfo.co.id, dinyatakan bahwa lampiran tersebut adalah hoaks. Lampiran tersebut diketahui beredar di Facebook.
“Telah beredar melalui media sosial Facebook sebuah unggahan yang di dalamnya terdapat struktur rancangan susunan kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma'ruf periode 2019-2024,” tulis situs kominfo.co.id itu.
ADVERTISEMENT
“Faktanya berdasarkan hasil penelusuran, menurut Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usman Kansong menyatakan bahwa susunan Kabinet Indonesia Kerja Jilid II yang beredar melalui media sosial adalah tidak benar,” imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86