Pencarian populer

Pegawai Konsulat Saudi Diperiksa sebagai Saksi Pembunuhan Khashoggi

Ahli forensik polisi Turki tiba di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto: REUTERS / Murad Sezer)

Puluhan pegawai Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, diperiksa sebagai saksi atas tewasnya Jamal Khashoggi. Sebelumnya pemerintah Saudi telah mengakui Khashoggi tewas di dalam gedung tersebut pada 2 Oktober lalu.

Diberitakan Reuters, sebanyak lima pegawai Konsulat berkewarganegaraan Turki telah diambil pernyataannya sebagai saksi pada Senin (22/10).

Sebelumnya pekan lalu, sebanyak 20 pekerja Konsulat, termasuk sopir, diambil keterangannya oleh penyidik di Turki. Total telah ada 45 karyawan Konsulat yang telah diperiksa kepolisian terkait pembunuhan Khashoggi.

Jurnalis pengkritik pemerintah Saudi itu dibunuh di dalam Konsulat pada 2 Oktober lalu. Baru pada 19 Oktober pemerintah Saudi mengakui adanya pembunuhan Khashoggi setelah sebelumnya keras membantah.

Namun Saudi mengatakan Khashoggi tewas dalam perkelahian di Konsulat, bukan sengaja dibunuh. Klaim ini berbeda dengan laporan media dari sumber penyidik, yang mengatakan Khashoggi dibunuh dan dimutilasi.

Pada Selasa pekan ini diperkirakan Presiden Tayyip Recep Erdogan akan menyampaikan keterangan soal hasil penyelidikan pembunuhan Khashoggi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23