kumparan
1 Jun 2018 15:51 WIB

Pengakuan Moses yang Sebut Sosok 'Soeharto' di KRL sebagai Pamannya

Harry Soedjono yang mirip Soeharto di KRL (Foto: Dok. Istimewa)
Sosok misterius mirip Presiden Kedua RI Soeharto di commuter line yang viral di media sosial mulai menemukan titik terang. Seorang warganet bernama Moses David Jonathan mengatakan, sosok tersebut tak lain merupakan pamannya yang bernama Harry Soedjono.
ADVERTISEMENT
Dalam akun Instagram miliknya, Moses mengunggah foto mirip Soeharto yang tengah viral ke dalam Instatory-nya. Dia pun menulis bahwa sosok tersebut adalah pamannya sendiri.
"Tau foto yag lagi viral ini? Bapak ini namanya Harry Soedjono. Alias Pakde gue," tulis Moses, Kamis (31/5).
Insta story tentang Harry Soedjono (Foto: Instagram @viral)
Selain mengunggah foto 'Soeharto' yang tengah duduk di commuter line, Moses juga mengunggah tiga buah foto pamannya. Hal itu dia lakukan sebagai bukti bahwa sosok tersebut merupakan pamannya.
Saat dikonfirmasi kumparan terkait pengakuannya tersebut, Moses membenarkan bahwa sosok yang saat ini viral tersebut merupakan pamannya. Dia bercerita bahwa pamannya merupakan seorang pensiunan yang pernah bekerja di stasiun TV nasional.
"Beliau pensiunan TVRI. Pensiunan wartawan. Makanya setelannya (pakaian yang dikenakan di KRL) pun kayak gitu," ujar Moses kepada kumparan, Jumat (1/6).
Harry Soedjono yang mirip Souharto di KRL (Foto: Moses David Jonathan)
Menurut Moses, saat foto 'Soeharto' di KRL itu mencuat sebagai headline di sejumlah media, grup whatsapp keluarga besarnya jadi riuh sekaligus kaget. Sebab, kata Moses, seluruh anggota keluarga tahu bahwa penampilan di foto tersebut merujuk pada sosok Harry Soedjono.
ADVERTISEMENT
"Tiba-tiba di grup keluarga langsung di-share segala macam. Kok bisa kayak gitu," tutur pria berusia 24 tahun itu.
Moses sendiri mengaku tak tahu kapan dan tujuan pamannya itu naik KRL. Namun yang jelas, pamannya itu memang kerap berpergian dari rumahnya di Ciputat untuk pergi mengunjungi sanak saudara ataupun kawan lama.
"Kalau ke mananya kurang tahu. Tapi kadang naik motor sendiri kan kalau mau ketemu sama keluarga lain atau gimana. Karena faktor usia juga, jadi biasa naik KRL," jelas Moses.
Harry Soedjono yang mirip Soeharto di KRL (Foto: Moses David Jonathan)
Saat disinggung mengenai keberadaan orang lain yang juga dikabarkan sebagai sosok 'Soeharto' tersebut, Moses tak menampiknya. Hingga saat ini dia memang mendapat kabar bahwa ada warga Pamulang yang diduga sebagai 'Soeharto' di KRL.
ADVERTISEMENT
"Soalnya juga ada yang ngaku juga, orang Pamulang. Dengan yang mirip-mirip kayak gitu. Dia bukan pakde saya malahan itu. Saya dikirimin teman, ‘kok ini beda nih’. Ada yang nge-reply instatory saya. Kok ini beda nih, bukan ini. Udah ada namanya juga," tegas Moses.
Sosok yang dimaksud Moses sendiri ada dalam unggahan akun Instagram Redaksiana. Dalam foto yang diunggah pada Kamis (31/5), Redaksiana menyebut bahwa sosok 'Soeharto' yang viral adalah warga Pamulang bernama Koeswali. Meski tak ada keterangan lebih lanjut mengenai sosok tersebut.
Loading Instagram...
Penampakkan sosok 'Soeharto' yang tengah duduk di kursi prioritas KRL itu sendiri mencuat pertama kali pada Rabu (30/5). Kala itu, fotografer senior Arbain Rambe mengunggahnya di akun Twitter miliknya. Sejak saat itulah foto tersebut tersebar luas dan menjadi pertanyaan banyak warganet.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·