Pencarian populer

Penjelasan BMKG soal Gelombang Pasang yang Hantam Pesisir Aceh Barat

Rumah warga di pesisir Aceh Barat diterpa gelombang pasang. Foto: Dok. BPB Aceh
Tanggul pemecah ombak di pesisir Aceh Barat jebol dihantam gelombang pasang. Akibatnya, sejumlah rumah warga di sekitar rusak. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.
ADVERTISEMENT
Namun, sejumlah jalanan utama di Aceh Barat terdampak. Hampir tak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.
Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh, Zakaria, menyebut salah satu penyebab gelombang karena adanya gaya gravitasi bulan. Sebab saat ini telah memasuki fase bulan purnama.
"Ketika purnama, bulan lebih dekat dengan permukaan air laut dibandingkan hari-hari biasa," ujar Zakaria, Sabtu (20/7). "Dengan demikian, gravitasi bulan akan lebih besar dari hari biasa dan membuat air laut naik".
Zakaria menyebut, gelombang pasang yang terjadi bukanlah akibat badai tropis yang sedang melanda perairan di Aceh seperti perairan utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, hingga Simeulue.
“Untuk masyarakat darat terutama untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat supaya mewaspadai angin kencang dan bahkan waspada terhadap puting beliung,” kata dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80