Pencarian populer

Penjelasan LAPAN soal Suara Misterius di Langit Pantura

Ilustrasi awan mendung (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) angkat bicara terkait suara misterius yang terdengar di langit Pantura, Jawa Tengah. Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menilai suara tersebut jangan terlalu dibesar-besarkan.

“Iya tahu (video suara misterius di langit Pantura). Tapi itu enggak ada penjelasan ilmiahnya. Itu hanya suara setempat. Mungkin angin ya,” ujar Thomas ketika dihubungi kumparan, Jumat (14/12).

Lebih jauh, kata Thomas, suara yang terdengar bisa berbeda di masing-masing daerah. Ia pun menampik jika suara tersebut berasal dari langit. Menurutnya handphone yang digunakan warga untuk merekam suara tersebut pun juga memiliki keterbatasan.

“Itu kalau ada (rekaman) di masing-masing daerah juga bisa berbeda, itu (handphone) kan hanya bisa rekam di sekitarnya, jadi enggak bisa (rekam) suara di langit,” tegasnya.

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Semarang mengaku tengah menyelidiki munculnya fenomena suara misterius itu. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan asal suara tersebut.

"Menurut info dari BMKG Ahmad Yani belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya seperti dengan baling-baling atau propeller," kata Iis saat dikonfirmasi, Jumat (14/12)

Diberitakan sebelumnya, warga di Pekalongan dan Semarang mendengar suara mengaung di langit pada Jumat sekitar pukul 01.00 WIB. Warga mengaku kaget lantaran suara itu tidak lazim. Durasi yang mereka dengan berbeda, di Pekalongan sekitar 20 detik dan di Semarang lebih dari 1 menit.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23