Pencarian populer

Penutupan Asian Games, Jokowi Pidato dari Tenda Pengungsi di Lombok

Penampilan pada upacara penutupan Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). (Foto: AFP/Goh Chai Hin)

Presiden Joko Widodo memilih menikmati penutupan Asian Games 2018 bersama warga Lombok, NTB, Minggu (2/9). Namun, ia tetap memberikan sambutan melalui video yang ditampilkan di awal penutupan Asian Games. Dalam video tersebut, Jokowi tampak didampingi oleh Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi dan anak-anak yang menjadi pengungsi karena menjadi korban gempa Lombok.

Dalam video tersebut, mengenakan kemeja putih, Jokowi tampak duduk bersebelahan dengan TGB. Keduanya dikelilingi anak-anak di sebuah tenda pengungsi.

"Sebelumnya, saya mohon maaf tidak bisa hadir langsung di penutupan Asian Games 2018 karena saya saat ini sedang berada di Nusa Tenggara Barat bersama saudara-saudara kita," kata Jokowi mengawali sambutannya, Minggu (2/9).

Jokowi dan TGB menonton upacara penutupan Asian Games di Lombok. (Foto: Dok. Istimewa)

Meski hanya melihat dari jauh, namun Jokowi mengaku bisa merasakan semangat membara dari Gelora Bung Karno. Ia juga menyebut, meski Asian Games 2018 telah berakhir, namun energi dan semangat Asia tidak akan pernah padam.

"Inilah energi Asia yang sesungguhnya, bersatu membawa kebangkitan dan kedamaian bagi dunia," lanjutnya.

Ia juga mengapresiasi optimisme dan energi positif yang ditunjukkan para atlet dan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Sehingga, tak hanya sukses menjadi tuan rumah, Indonesia juga sukses memperoleh medali emas jauh lebih banyak dari yang ditargetkan.

Upacara penutupan Asian Games di GBK, Jakarta (2/9). (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

"Tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang membuat Asian Games ini sukses. Kita telah sukses menjadi tuan rumah yang ramah. Semoga momentum ini bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan makin maju," kata dia.

Sebagai penutup, Jokowi meminta segenap hadirin mengirimkan doa kepada warga Lombok yang baru saja dilanda bencana alam gempa buni. Ia berharap dengan energi positif yang dikirimkan, Nusa Tenggara Barat bisa kembali pulih bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Jokowi diketahui menonton upacara penutupan bersama pengungsi korban gempa Lombok di lapangan umum Gunung Sari. Selain oleh TGB, Jokowi juga didampingi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono hingga Seskab Pramono Anung.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41