kumparan
20 Jun 2019 5:04 WIB

Perdebatan KPU dengan Ahli Pemohon soal DPT Siluman

Ketua KPU, Arief Budiman (tengah) pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (18/6). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
KPU selaku pihak termohon dalam sengketa gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) menanggapi pernyataan yang disampaikan salah satu ahli Prabowo-Sandi, Jaswar Koto. Jaswar menyebut hasil situng KPU banyak ditemukan manipulasi dan terkontaminasi data fiktif. 
ADVERTISEMENT
Tim hukum KPU, Ali Nurdin, sempat terlibat debat panas dengan Jaswar. Perdebatan itu terjadi ketika KPU hendak mengkonfirmasi apakah Jaswar sudah memeriksa langsung ke TPS di Jawa Tengah mengenai adanya DPT invalid yang menggunakan hak pilihnya. 
"Ada berapa DPT yang invalid dan tidak menggunakan hak pilihnya? Apakah saudara cek langsung atau tidak?" kata Ali dalam nada tinggi dalam persidangan, Kamis (20/6).
Jaswar sempat menjawabnya dengan berbelit-belit. Sehingga hal itu memancing suasana sidang memanas. Ali meminta agar Jaswar menjawab singkat ya atau tidak. 
"Saya hanya minta jawaban ya atau tidak? Mudah sekali," ucap Ali.
Setelah itu, Jaswar mengatakan tidak melakukan pemeriksaan secara langsung.
"Saya tidak kesana (TPS)" ujar Jaswar.
ADVERTISEMENT
Setelah mendengar pernyataan itu, suasana sidang yang sempat memanas kembali mereda. Ali pun memutuskan tidak memberikan pertanyaan lanjutan kepada Jaswar.
"Kami dengar, di Jateng itu ada 300 ribu, padahal di catatan kami ada 130 ribu. Jadi kami nyatakan tidak relevan dan tidak akan bertanya lagi," tutur Ali.
Dalam pemaparannya, Jaswar mengaku telah mengambil sample sekitar 300 sample dokumen C1. Menurutnya 300 sample itu terindikasi telah dilakukan manipulasi.
"Saya tidak hitung jumlah, saya hanya pelajari pola. Saya ambil di Jateng sekitar 300 lebih C1. 300 saja, saya cek, di 300 itu semuanya terindikasi adanya edit. Itu di Jateng," jelas Jaswar.
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·