kumparan
18 Mei 2019 11:25 WIB

Perubahan Iklim Jadi Fokus Utama di Pemilu Australia 2019

Suasana pemilu di Australia. Foto: AFP
Isu iklim menjadi fokus pada pemilu nasional Australia yang dihelat Sabtu (18/5) ini.
ADVERTISEMENT
Selama dipimpin kelompok konservatif Partai Liberal, Australia dihantam persoalan yang berkaitan dengan perubahan iklim, seperti kebakaran hutan, kekeringan serta banjir.
Warga Australia sendiri melihat perubahan iklim merupakan persoalan yang mesti ditangani secara serius oleh Pemerintah Australia.
Suasana pemilu di Australia. Foto: AFP
"Saya khawatir dengan iklim dan Australia tidak melakukan banyak hal," sebut seorang warga Australia Catherine Wilis seperti dikutip dari AFP, Sabtu (18/5).
Sejumlah kelompok petani di wilayah-wilayah terpencil di Australia juga telah menyuarakan tuntutan mereka jelang pemilu. Para petani meminta siapapun yang akan berkuasa untuk segera bertindak menyelesaikan masalah iklim.
Pemimpin kelompok oposisi dari Partai Buruh Bill Shorten menyatakan, bila kelompoknya menang pemilu maka masalah perubahan iklim akan dijadikan fokus utama.
Ketua Partai Buruh, Bill Shorten. Foto: Reuters
"Saat masyarakat Australia memberikan suaranya untuk menghentikan kekacauan dan menuntut tindakan menghentikan perubahan iklim, kami sudah siap untuk itu," sebut Shorten, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (18/5).
ADVERTISEMENT
Sehari sebelum hari pemilihan, Partai Buruh unggul tipis dari Partai Liberal di jajak pendapat. Mereka berhasil mendapat 51 persen suara sedangkan penantangnya 49 persen.
Keunggulan tipis tersebut diperkirakan muncul lantaran janji Partai Buruh untuk segera melegalisasi energi terbaharukan jika terpilih.
Suasana pemilu di Australia. Foto: AFP
Berbeda dengan Partai Buruh, Partai Liberal tidak akan mengubah kebijakan pemakaian batu bara hanya untuk membuat udara semakin bersih.
Australia hingga saat ini adalah salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia. Sektor ini menyediakan lapangan kerja bagi ribuan orang penduduk di sebelah utara Australia.
Demi memenangkan pemilu, jualan utama Partai Liberal ialah pajak lebih rendah bagi warga Australia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan