Pencarian populer

Pesawat Tabrak Gunung di Iran, 66 Penumpang Dipastikan Tewas

Pesawat ATR milik maskapai Aseman Airlines. (Foto: AFP/Marwan Naamani)
Sebanyak 60 penumpang dan enam kru di pesawat Iran yang menabrak gunung dipastikan tewas. Upaya evakuasi para korban menghadapi rintangan medan yang sulit.
ADVERTISEMENT
Kepastian tewasnya seluruh penumpang dalam pesawat jenis ATR turboprop milik maskapai Aseman Airlines ini dikabarkan kantor berita Iran Press TV, Minggu (18/2). Hal yang sama disampaikan juru bicara maskapai dalam sebuah siaran televisi.
"Kepala Humas Aseman Airlines mengatakan seluruh orang di dalam pesawat tewas," ujar laporan reporter dalam sebuah siaran di Iran, dikutip Reuters.
Pesawat itu hilang dari radar 20 menit setelah tinggal landas dari Bandara Mehrabad kota Teheran. Pesawat dalam perjalanan menuju kota Yasuj, Provinsi Isfafhan.
Menurut laporan badan darurat Iran, insiden pada pesawat nomor penerbangan 3704 itu terjadi di gunung Padena, dekat kota Semirom, sekitar 185 km dari tujuan.
Selain kondisi pegunungan, evakuasi dipersulit dengan cuaca yang buruk. Pemerintah telah mengerahkan beberapa helikopter ke lokasi.
ADVERTISEMENT
Belum diketahui penyebab kecelakaan. Namun pesawat ATR itu disebut telah berusia 20 tahun.
Beberapa kali insiden kecelakaan pesawat terjadi di Iran. Terakhir adalah jatuhnya pesawat Sepahan Airlines pada 2014 di Teheran yang menewaskan 40 orang.
Salah satu kecelakaan pesawat terparah di Iran terjadi pada 2003. Pesawat itu jatuh di pegunungan Kerman, menewaskan seluruh 275 penumpang dan kru, kebanyakan adalah tentara Garda Revolusi Iran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80