kumparan
2 Sep 2018 1:48 WIB

Pesawat Utair Tergelincir dan Terbakar di Bandara Rusia, 1 Orang Tewas

Pesawat Utair Airlines Tergelincir di Rusia. (Foto: REUTERS/Stringer)
Sebuah pesawat milik maskapai Utair Airlines tergelincir dan terbakar di Bandara Sochi, Rusia, Sabtu (1/9) pagi waktu setempat. Akibat insiden ini, satu orang tewas dan 18 orang lainnya luka-luka.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, Minggu (2/9), pesawat Boeing 737-800 itu membawa 164 penumpang dan 6 awak pesawat dari Moskow ke Sochi. Pesawat gagal mendarat sempurna setelah melewati landasan pacu dan terperosok ke tepian sungai.
Pesawat Utair Airlines Tergelincir di Rusia. (Foto: REUTERS/Jan Seba)
Akibat tergelincir dan terperosok, mesin dan sayap pesawat mengalami kerusakan. Api sempat membakar sayap pesawat yang rusak, namun berhasil dipadamkan sekitar 8 menit. Sementara, para penumpang behasil dievakuasi dalam waktu 17 menit.
Pejabat penerbangan sipil Rusia, Oleg Smirnov, mengatakan, pesawat itu mendarat di tengah hujan lebat dan angin yang kuat.
Pihak berwenang dan penjaga kemanan penerbangan Rusia akan menyelidiki insiden ini, termasuk kelayakan landasan pacu Bandara Sochi dan maskapai Utair Airlines.
Pesawat Utair Airlines Tergelincir di Rusia. (Foto: REUTERS/Stringer)
Masalah keamanan telah melanda industri penerbangan Rusia dalam beberapa tahun terkahir, karena berbagai kecelakaan penerbangan yang fatal.
ADVERTISEMENT
Pada Juni lalu, sebuah pesawat Utair yang membawa penggemar sepak bola Peru dari Kota Ekaterinburg ke Tyumen, Siberia, harus mendarat darurat karena kegagalan mesin. Pasalnya, kabin pesawat dipenuhi dengan asap mesin yang rusak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan