kumparan
6 Jul 2019 15:18 WIB

PKB: Cak Imin Kader NU Terbaik untuk Jadi Ketua MPR

Daniel Johan, Wasekjen PKB Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dalam berbagai kesempatan mengungkapkan keinginannya untuk menduduki posisi Ketua MPR periode 2019-2024. Bahkan, keinginan pria yang akrab disapa Cak Imin itu turut didukung oleh wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin.
ADVERTISEMENT
Menanggapi itu, Wasekjen PKB Daniel Johan menjelaskan keinginan kuat Cak Imin sebagai Ketua MPR adalah untuk menegakkan ideologi Pancasila. Menurutnya, ketum partainya itu merupakan salah satu kader Nahdlatul Ulama (NU) terbaik yang bisa menjaga keutuhan bangsa.
"Karena kita akan semakin menegakkan empat pilar, ya, NKRI Pancasila itu menjadi sesuatu yang final bagi PKB. Kami berharap Cak Imin, selaku bagian dari kader NU terbaik saat ini, NU diberikan kesempatan untuk menjabat sebagai Ketua MPR," kata Daniel di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7).
Menurut Daniel, apabila Ketua MPR ditempati kader NU, maka dapat menjadi penengah hadirnya ideologi ekstrem yang muncul di tengah masyarakat.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Justru posisi NU menjembatani yang (golongan) ekstrem kanan dan ekstrem kiri. Karena Pancasila adalah di tengah, sehingga harus bisa mengakomodir, komunikasi yang sangat baik dengan seluruh pihak," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Karena kesepakatan berkebangsaan, ber-Pancasila itu sejak awal menjadi semangat NU. Dan NU menjadi pilar terkuat saat ini," kata dia.
Sebelumnya, Cak Imin telah bertemu dengan Ma'ruf Amin pada Jumat (5/7) untuk menyampaikan niatnya menjadi ketua MPR. Mendengar itu, Ma'ruf mengaku mendukung Wakil Ketua MPR itu dan akan berkomunikasi dengan presiden terpilih Joko Widodo.
"Nanti dibicarakanlah dengan Presiden, dengan partai koalisi. Ya tentu sebagai orang yang dekat dengan saya, saya dukung jadi ketua MPR," ujar Ma'ruf di kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·