Pencarian populer

PKB Harap Koalisi Jokowi Bisa Aklamasi Menangkan Pimpinan MPR

Pimpinan MPR RI Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai salah satu pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin tetap ingin pimpinan MPR dikuasai oleh koalisi Jokowi. Dia enggan berkomentar banyak soal kemungkinan koalisi Prabowo ikut bergabung.
ADVERTISEMENT
Pimpinan MPR itu sebagaimana aturan UU MD3, dipilih berdasarkan sistem paket yang diajukan. Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid berharap hanya ada satu paket saat pemilihan pimpinan MPR sehingga bisa aklamasi.
"Ya sekarang kan masih belum terlihat paketnya. Mungkin kalau bisa aklamasi dalam satu paket, bagus," kata Jazilul di ruang Fraksi PKB, Selasa (16/7).
Jika komunikasi politik berjalan lancar, dia berharap parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) solid untuk dalam satu paket pimpinan MPR. Meski, tentu terbuka parpol di luar koalisi membentuk paket.
Merujuk pada komposisi pimpinan MPR harus 5 orang, maka akan ada satu partai yang tak mendapatkan jatah karena 1 harus diisi DPD. Sementara jumlah parpol di DPR ada 9.
ADVERTISEMENT
"Terbuka paket lain," tegasnya.
Lebib jauh, Jazilul menegaskan, PKB berharap Ketum PKB Muhaimin Iskandar terpilih menjadi Ketua MPR. "PKB memandang bahwa posisi MPR ini strategis untuk penguatan kebangsaan," ujarnya.
Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019. Foto: Basith Subastian/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86