Pencarian populer

PKB Jabar: Kalau Emil Pilih Cawagub dari PPP, Kami Tarik Dukungan

PKB serahkan SK dukungan utk Ridwan Kamil (Foto: Dok. PKB)

Dukungan partai koalisi terhadap bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, goyang, jelang penetapan bakal cawagub pendamping Emil. Setelah PPP, kini PKB juga mewacanakan akan mencabut dukungan jika Emil tak memilih kader PKB sebagai cawagub.

Emil memang sedang menimang akan memilih kader PPP yang merupakan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, atau kader PKB yang menjabat anggota DPR RI Maman Imanulhaq sebagai cawagub.

"Kalau iya pilihannya Kang Emil itu jatuh ke Kang Uu, maka dipastikan PKB check out dari dukungannya," ujar Sekertaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, dikutip dari Antara, Selasa (19/12).

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Facebook Uu Ruzhanul Ulum)

Sidkon menuturkan keputusan PKB yang akan mencabut dukungan ini muncul dari para kiai, ajengan dan arus bawah hingga para kader di tingkat kabupaten, kecamatan hingga ranting di Jawa Barat.

Menurutnya, jumlah suara massa PKB lebih besar dari PPP, sementara jumlah kursi PKB di Jawa Barat dianggap tidak jauh beda dengan PPP, begitu juga banyak kader yang sepadan dengan Uu Ruzhanul Ulum di PKB. Untuk diketahui PKB punya 7 kursi, PPP 9 kursi.

"Bahkan beberapa kader PKB jauh-jauh hari sudah menata jaringan ke bawah, seperti kang Syaiful Huda, dan Kang Maman, sayang jika kader potensial itu tidak bisa mendampingi kang Emil," terangnya.

Sebelumnya, PPP juga mengancam akan menarik dukungan jika Emil tidak memilih kader PPP Uu Ruzhanul Ulum sebagai cawagub. PPP realistis bahwa kursi mereka lebih banyak dari PKB dan Uu dianggap matang sebagai cawagub.

Rencanannya Emil akan mengumumkan cawagubnya besok.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53