Pencarian populer

PKB soal Calon Ketua MPR: Kami Cak Imin, Golkar Siapa?

Jazilul Fawaid, Anggota DPR RI di Gedung KPK, Rabu (13/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
PKB mendorong agar partai koalisi Jokowi segera menyodorkan nama kandidat pimpinan MPR. Khususnya Golkar yang mengklaim kursi Ketua MPR merupakan jatahnya karena merupakan pemilik kursi kedua terbanyak di DPR RI.
ADVERTISEMENT
Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, nama kandidat perlu diungkap agar koalisi Jokowi segera menyepakati paket pimpinan MPR.
"Memang banyak kadernya Golkar yang saya tahu tetapi perlu menyampaikan siapa. Karena minimal paket itu harus diselaraskan dengan lima nama yang ada dalam satu paket," kata Jazilul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7)
"Yang jelas PKB memunculkan nama Cak Imin. Nah, partai-partai lain siapa? Baik yang di posisi ketua, kan boleh saja," tambahnya.
Jazilul menjelaskan, mengajukan nama untuk pimpinan MPR sah-sah saja, dia juga membuka peluang paket pimpinan MPR nanti tak hanya ada satu paket. Namun, dia lebih memilih bersama paket yang dibentuk bersama koalisi Jokowi-Ma'ruf.
"Posisi PKB tentu ingin menjaga soliditas di koalisi ya kan. Tetapi paket itu bisa berubah, kalau nanti pembicaraan-pembicaraannya berubah. Karena paket yang satunya belum terbentuk," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Soal apakah PKB juga akan membuka peluang berada dalam satu paket dengan fraksi partai kubu Prabowo-Sandi, dia menuturkan, tergantung komunikasi politik dengan parpol koalisi Jokowi.
"Tergantung perjalanan, tergantung nanti seperti apa pembicaraan itu. Tetapi prioritasnya adalah bersama paket koalisi yang ada. Bahwa kemudian terbuka, itu karena perkembangan saja, nanti kita lihat jangan-jangan lebih bagus. Kita kan enggak tahu," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86