• 0

PKB Tolak Mahfud MD Cawapres Jokowi: Tak Mewakili NU

PKB Tolak Mahfud MD Cawapres Jokowi: Tak Mewakili NU


Mahfud MD, KPK

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD (kiri) tiba di KPK. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Nama Mahfud MD semakin menguat menjadi cawapres Jokowi di Pilpres 2019. PDIP mengakui Mahfud MD sebagai salah satu kandidat yang dibahas antara Jokowi dan Megawati Soekarnoputri.
Namun, finalisasi nama Mahfud MD masih terganjal karena sejumlah partai pendukung Jokowi menolak dan tetap berusaha memperjuangkan kadernya sebagai cawapres Jokowi.
Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengamini hal itu, PKB menolak Mahfud karena tidak melihat peluang Mahfud bisa memberikan efek elektoral yang positif bagi Jokowi. Selain itu, Mahfud juga tidak mewakili kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yang selama ini turut menopang jalannya pemerintahan Jokowi.
“Ya (Mahfud MD) enggak mewakili NU. Kalau PKB partai yang lahir dari NU jelas aspirasinya lewat PKB,” kata Jazilul di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7).

Jokowi dan Cak Imin di Istana Negara

Jokowi dan Cak Imin di Istana Negara (Foto: Agus Suparto/Presidential Palace)
Dia menegaskan sosok Mahfud MD tidak merepresentasikan suara NU. Sebab, para kiai dan ulama NU telah memberikan mandat kepada Cak Imin untuk menjadi cawapres Jokowi.
“Enggak (mewakili NU), yang jelas PKB atau para kiai memandatkan itu ke Cak Imin,” tegas Jazilul.
Sebelumnya, Jokowi menyebut kandidat cawapresnya sudah mengerucut menjadi 5 nama. 5 nama yang disebut antara lain Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi serta pendiri CT Group Chairul Tanjung.

NewsPolitikPilpres 2019Cawapres JokowiPKB

presentation
500

Baca Lainnya